Waspada Terhadap Infeksi Telinga Pada Anak

Waspada Terhadap Infeksi Telinga Pada AnakInfeksi telinga bisa menyerang siapa saja termasuk anak anda jadi berhati-hatilah terhadap peyakit ini terutama pada bayi anda karena penyakit ini paling sering menyerang pada bayi olehnya itu kenali baik-baik gejala yang timbul bila penyakit ini menyerang pada anak anda atau balita anda. Nah lalu apa Penyebabnya?

Otitis media terbagi menjadi dua, yakni otitis media akut dan otitis media efusi. Gejala keduanya antara lain anak demam tinggi, rewel dan tampak kesakitan ketika telinga disentuh.

Hanya, pemicu otitis media efusi adalah pilek (common colds atau influenza), yang menyebabkan saluran antara hidung dengan telinga “mampet”. Akibatnya? Cairan pun terperangkap di rongga telinga tengah.

READ:  Mencegah Bayi Muntah

Bayi memang lebih berisiko mengalami infeksi telinga tengah, karena anatomi tuba eustachius-nya (saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan bagian belakang tenggorokan) yang masih relatif mendatar.

Juga, salah satu faktor yang meningkatkan risiko infeksi telinga tengah adalah menyusu sambil berbaring.

Namun, meski telinga berbau aneh, namun anak tidak demam dan perilakunya baik-baik saja, bukan berarti pasti ada infeksi. Biasanya, hal ini terjadi akibat lembabnya saluran telinga. Tidak berbahaya, kok. Anda cukup keringkan telinga anak sehabis mandi.

Selain itu, adanya kerak dan sedikit cairan bening (bila tidak terus menerus) lebih mengarah pada kotoran telinga anak Anda terkena air. Kondisi ini juga tidak berbahaya. Tapi, tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter anak langganan.