Definisi Gizi Olahraga

Definisi Gizi OlahragaINFOGIZI.COM – Gizi olahraga merupakan bagian dari latihan (exercise). Gizi olahraga adalah studi multi disiplin yang menggabungkan fisiologi latihan fisik, biokimia, fisiologi terapan, dan biologi molekuler.

Pengaturan gizi olahraga bertujuan untuk memperoleh penampilan olahraga dan latihan yang baik. Gizi adalah ilmu tentang makanan dan hubungannya dengan kesehatan dan aktivitas fisik.

OIahragawan harus mempunyai gizi yang sesuai untuk memperoleh kesehatan optimum dan kemampuan fisik sehingga memungkinkan mereka untuk bertahan dalam latihan fisik yang keras dan mampu mempertahankan penampilan yang baik selama pertandingan.

Selain itu, untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta komposisi tubuh, menurunkan kasus penyakit dan mempercepat proses pemulihan bila atlit mengalami cedera atau menderita penyakit, dan untuk perlindungan tubuh saat dalam perjalanan.

READ:  Hal-hal yang Mempengaruhi Gizi Ibu Hamil

Pengertian dari gizi yang tepat adalah mengonsumsi makanan dan cairan dalam jumlah memadai untuk menyediakan:

  • Bahan bakar (karbohidrat dan lemak) yang cukup sebagai sumber tenaga
  • Protein yang cukup untuk membangun, mempertahankan dan memperbaiki semua jaringan tubuh
  • Zat pengatur (vitamin dan mineral) yang cukup yang membantu proses metabolism
  • Air

Setiap atlet/olahragawan membutuhkan energi dan zat gizi yg cukup untuk melakukan aktifitasnya. Penyelenggaraan makanan (PM) penting penyusunan hidangan yang sehat/seimbang dan tepat, agar kebutuhan energi dan zat gizi terpenuhi serta mencapai puncak prestasi.

PM adalah proses penyediaan makanan dimulai dari pembelian makanan, penyimpanan, persiapan, pemasakan , penilaian dan pendistribusian makanan, selain itu hal yang sangat penting juga adalah pencatatan pelaporan serta evaluasi makanan. Pengelolaan PM adalah proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan dan evaluasi dalam penyediaan makanan.

READ:  Pola Diet Pada Atlit

Penetapan kecukupan atlit:

  • Energi sesuai aktifitas fisik yg dilakukan, umur dan jenis kelamin
  • Lemak 20%-<30%
  • Protein; kegiatan olahraga tertentu memerlukan peningkatan kebutuhan protein. Olahraga jenis kekuatan dan kecepatan contohnya perlu protein 1,2 — 1,7 gr/kg BB/hari
  • Cukup vitamin dan mineral
  • Cukup air