Makanan yang Wajib untuk Ibu Hamil

Makanan yang Wajib untuk Ibu HamilMemilih dan mengonsumsi makanan-makanan sehat merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh ibu hamil (bumil). Tapi, ada beberapa makanan yang tidak boleh lupa disertakan dalam variasi menu harian bumil.

Berikut pilihan makanan yang wajib disertakan dalam menu harian ibu hamil:
Alpukat
Alpukat kaya akan asam folat yang penting untuk perkembangan otak bayi dan sistem saraf. Selain itu, alpukat juga kaya vitamin B6, vitamin C, dan kalium.

Tak hanya itu saja, buah alpukat berguna menjaga kelancaran saluran pencernaan. Sehingga, ibu hamil yang rawan mengalami sembelit dapat terbantu dengan mengonsumsi buah in.

Brokoli
Ini juga merupakan makanan penting untuk ibu hamil. Pasalnya, brokoli banyak mengandung vitamin C, vitamin A, dan tinggi kalsium, nutrisi-nutrisi yang diperlukan pada setiap ibu hamil untuk imunitas dan kekuatan tulang. Brokoli juga mengandung asam folat yang sangat penting untuk bayi.

READ:  Lagi Hamil, Sebaiknya Hindari Konsumsi Ikan Asin

Wortel
Kekayaan wortel akan vitamin A sangat penting untuk perkembangan mata, tulang, dan gigi bayi. Banyak wanita makan wortel sebagai camilan, tapi tentu saja ada banyak hidangan yang dapat Anda sertakan wortel di dalamnya.

Telur dengan DHA
Hal terbaik tentang makanan ini untuk dimakan saat hamil karena kandungan protein dan kalorinya yang rendah. DHA merupakan jenis asam lemak omega-3, yang merupakan salah satu lemak yang baik. Asam lemak omega-3 berguna untuk pembentukan jaringan retina dan otak sang jabang bayi.

Edamame
Edamame dapat dijadikan camilan sehat untuk bumil. Pasalnya, edamame mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, seperti kalsium, protein, asam folat, vitamin A, dan B.

READ:  Konsumsi Telur Ayam Kampung Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Lentil
Lentil juga mengandung nutrisi baik untuk bumil, seperti protein, asam folat, zat besi, dan vitamin B6. Hal terbaik lainnya dari lentil ialah mereka baik untuk usus dan Anda bisa memasak mereka dengan apa pun untuk menambah rasa lebih khusus karena mampu menyerap semua rasa.

Mangga
Mangga kaya akan vitamin C dan A, oleh karenanya bumil jangan ragu untuk mengudap mangga. Selain itu, mangga juga tinggi kalium. Kalium berfungsi untuk mencegah dan meredakan kram.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung banyak mineral penting, seperti mangan, tembaga, selenium, magnesium, kalium, seng, dan kalsium, yang kesemuanya dibutuhkan bumil dan jabang bayi selama masa kehamilan.