Mengurangi Berat Badan Setelah Menyusui

Mengurangi Berat Badan Setelah MenyusuiSetelah mengandung selama sembilan bulan lamanya, perlu waktu bagi ibu untuk menurunkan berat badan secara normal dan aman. Ibu menyusui memerlukan kalori tambahan rata-rata 500-600 setiap hari untuk menyediakan nutrisi yang cukup bagi diri mereka dan bayi mereka. Bila anda mengalami kekurangan berat badan sebelum atau selama kehamilan, boleh jadi anda memerlukan tambahan kalori untuk mencegah kekurangan gizi.

Jika anda kelebihan berat badan, anda memerlukan sedikit kalori agar kelebihan lemak dalam badan berangsur-angsur berkurang.beberapa penelitian pada tahun 1980 menunjukan bahwa efesiensi yang berkenaan dengan metabolisme meningkat selama menyusui anak sehingga nilai sehari-hari yang dianjurkan untuk wanita yang menyusui adalah lebih tinggi dari yang benar-benar diperlukan.

Kunci untuk mengurangi berat badan selama masa menyusui anak adalah menemukan tingkat masukan kalori yang bermanfaat bagi anda secara individu. Berikut ini adalah program cara menurunkan berat badan yang aman dengan mempertimbangkan kesehatan gizi ibu dan bayi bila menyusui.

READ:  Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Tetapkan jumlah kalori optimal yang dibutuhkan untuk kesehatan anda.

Ibu menyusui disarankan memerlukan maksimum 2000 kalori bernutrisi setiap hari, dengan bahan dasar makanan yang seimbang. Jika kurang dari jumlah ini, ibu menyusui tidak bisa menyediakan cukup kalori untuk kenyamanan dan kesehatannya.

Tetapkan tujuan yang aman dan realistis.
Seharusnya, berat badan turun secara berangsur-angsur sekitar 2 1/2 pon perbulan. Pada saat kehamilan, ada lebih banyak wanita yang memiliki kelebihan berat badan dan lebih sedikit yang mengalami kekurangan berat badan.

Olahraga satu jam sehari.
Anda dapat menikmati aktivitas olahraga dengan bayi anda. Olahraga yang nyaman untuk ibu dan bayi adalah dengan menggendong bayi di punggung dan berjalan sedikitnya satu jam sehari. Berjalan dengan cepat selama satu jam sehari dengan menggendong bayi membakar rata-rata 400 kalori. Mengurangi kue cokelat dan junk food mampu membantu mengurangi sekitar satu pon setiap minggu (berkurangnya 500 kalori setiap hari, atau 3500 kalori setiap minggu) mengakibatkan penurunan berat badan sebanyak satu pon setiap minggu. Olahraga setelah menyusui menjadi lebih nyaman, karena dada anda lebih mengecil. Gunakan pakaian dalam yang mendukung selama olahraga yang keras, dan gunakan pelapis dada yang lembut untuk mencegah friksi pada putting susu anda. Menyusui bayi sebelum olahraga membuat ibu lebih nyaman . berolahragalah yang sesuai dan tidak berlebihan.

READ:  Makanan yang Dapat Merangsang Pertumbuhan Sel-sel Otak

Tulis dalam table kemajuan anda. Jika anda berhasil mengurangi berat sesuai dengan tujuan anda serta merasa sehat, bayi anda akan tumbuh dengan baik, dan persediaan ASI menjadi lancar. Hal ini berarti anda telah memilih tingkat kalori optimum. Seorang ibu yang menyusui dengan berat ideal dapat memakan 500 kalori gizi tambahan dalam sehari tanpa memperoleh berat badan abnormal. Namun hal ini bergantung dengan jenis dan kondisi berat badan. Jika anda kehilangan lebih dari satu pon per minggu, berarti porsi makan mungkin terlalu kecil, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi anda. Jika berat badan berlebih selama program ini berlangsung, kemungkinan anda makan terlalu banyak. Singkatnya, mengkonsumsi 2000 kalori zat gizi dalam sehari ditambah satu jam olahraga yang nyaman akan mengakibatkan kehilangan berat badan dua setengah pon perbulan, yang merupakan cakupan aman untuk ibu dan bayi menyusui.

READ:  Daftar Kebutuhan Gizi Ibu Hamil dan Sumber Bahan Pangan

Sebelum memulai program olahraga apapun, pastikan anda sudah diperiksa dan berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui saat yang tepat untuk memulai dan jenis langkah yang harus diambil. Contohnya, jika anda sebelumnya melahirkan dengan operasi cesar tentunya memerlukan tambahan atau pengurangan kegiatan olahraga. Dengan berkonsultasi anda akan jauh lebih merasa nyaman.