Mengapa Harus Bedah Cesar?

Bedah caesar dan mengapa diperlukan?

Bila menurut para dokter persalinan normal terlalu membahayakan bagi Ibu dan bayi Ibu, dokter akan menyarankan Ibu untuk menjalani bedah sesar caesar dengan beberapa alasan :

  • Plasenta praevia, plasenta ada di bagian bawah rahim atau menghalangi jalan keluar bayi Ibu
  • Ibu sedang mengandung tiga bayi atau lebih
  • Bayi Ibu dianggap terlalu besar untuk keluar melewati tulang panggul
  • Tekanan darah Ibu sangat tinggi atau Ibu menderita penyakit lainnya misalnya pre-eklampsia
  • Kesehatan bayi Ibu terancam dan para dokter harus cepat mengeluarkan bayi Ibu
  • Bayi Ibu sungsang
  • Prolaps tali pusar, tali pusar melorot ke arah depan sehingga bayi Ibu tidak bisa lahir dengan mudah
  • Ibu terjangkit penyakit herpes genital yang bisa menular ke bayi Ibu melalui persalinan vaginal

Apa yang terjadi selama bedah sesar caesar?

Sebelum menjalani proses bedah caesar, konsultasikan pada dokter semua hal yang Ibu ingin ketahui tentang proses ini. Apalagi bagi Ibu yang belum pernah menjalani pembedahan pasti hal ini membuat Ibu takut. Ibu akan merasa lebih tenang dan siap bila mengetahui bagaimana bedah itu dilakukan.

READ:  Pertimbangan Sebelum Memutuskan Operasi Caesar

Bersiap untuk bedah sesar Caesar atau Sectio

Ahli bius anastesi Ibu akan memberi bius lokal (blok epidural atau spinal) dan Ibu akan mendapat kateter untuk mengosongkan kandung kemih Ibu. Kateter akan tetap terpasang selama sekitar 12-24 jam setelah operasi. Sebagian rambut kemaluan Ibu mungkin dicukur agar area yang akan dibedah menjadi bersih.

Proses bedah caesar

Saat bius berfungsi, dokter mulai membuat irisan-irisan pada perut dan rahim agar bisa menjangkau bayi yang berada dalam kantung air ketuban. Dokter kemudian mengeluarkan bayi Ibu. Semuanya berlangsung cepat dan Ibu hanya merasakan sedikit tekanan. Bila Ibu membutuhkan bius total karena keadaan darurat tertentu, maka ayah si bayi boleh menunggui Ibu dari awal sampai akhir. Ibu bahkan dapat mendengarkan musik selama bedah sesar caesar ! berlangsung.

READ:  Seperti Apa Rasanya Kontraksi Braxton Hicks?

Apa yang terjadi setelah bayi lahir?

Setelah bayi Ibu lahir, ia diletakkan di ranjang kecil yang hangat untuk diperiksa oleh dokter anak. Si kecil akan dibungkus selimut lalu diberikan pada Ibu atau suami Ibu untuk menggendongnya. Setelah plasenta keluar, dokter bedah Ibu akan menjahit rahim dan perut Ibu dengan rapi. Ini berlangsung sekitar 30 menit lalu Ibu dibawa kembali ke ruang rawat dimana dokter, bidan, atau perawat akan membantu Ibu untuk menyusui bayi Ibu.

Pemulihan dari bedah caesar

Biasanya Ibu akan sehat kembali dalam waktu 24 jam dan keluar dari rumah sakit dalam waktu lima hari. Tapi butuh waktu sekitar 6 minggu untuk pulih dari bedah Caesar. Sekalipun Ibu menjalani bedah sesar caesar kali ini, bukan berarti proses kelahiran bayi Ibu berikutnya akan berakhir dengan cara yang sama. Sekitar 70% wanita berhasil melakukan persalinan normal meskipun persalinan sebelumnya dilakukan dengan bedah sesar caesar.

READ:  Mengenal Cara Pernafasan yang Baik Selama Waktu Melahirkan

Memilih untuk Bedah Caesar sesar

Bedah caesesar sar adalah salah satu cara persalinan. Yang penting diingat, prosedur bedah caesar dilakukan jika ada indikasi yang memang tidak memungkinkan terjadinya persalinan normal. Sebagian calon ibu mungkin memilihnya karena menghindari rasa sakit yang dialami bila melahirkan normal. Padahal pada masa pemulihan, rasa sakit akibat pembedahan bisa terasa lebih lama dari persalinan biasa. Jika Ibu memilih bedah sesar caesar, pastikan Ibu tahu semua kebaikan dan keburukannya.