Susu Formula Bayi Mengandung 40 Kali Alumunium Ketimbang ASI

Menurut para ilmuwan, penelusuran pada beberapa produk susu unggulan di inggris menemukan kandungan alumunium yang jauh lebih tinggi ketimbang batas legal yang boleh terkandung dalam air. Formula buatan Cow & Gate – yang secara khusus dipasarkan untuk bayi-bayi prematur – memiliki tingkat kandungan tertinggi dengan lebih dari 800 mikrogram per liter. Undang-undang negara-negara Eropa menyatakan bahwa air dapat mengandung alumunium tetapi tidak lebih dari 200 mikrogram per liternya.

Dr Chris Exley dari universitas Keele di Staffordhire mengatakan “kami mengetahui tentang persoalan tingginya kandungan alumunium pada susu formula bayi selama berpuluh -puluh tahun dan ada bukti bahwa hal itu memiliki potensi yang cukup berbahaya.” “Kandungan alumunium berhubungan dengan penyakit syaraf dan tulang yang berdampak pada kehidupan dewasa dan bahkan ada yang berhubungan dengan dementia (pikun).

READ:  Anemia dan Defisiensi Zat Besi

“Setiap orang memiliki kandungan alumunium di tubuhnya tetapi bayi cenderung untuk menyerap dan tubuhnya belum bisa menyingkirkan kandungan itu.” Pabrikan susu mengatakan mereka tidak menambahkan alumunium ke dalam produknya,tetapi banyak susu formula yang kerap di kemas dalam alumunium foil. Hal itu juga terjadi secara alami pada tanaman kedelai karena tanah tempat mereka tumbuh menjadi asam, jadi para ahli menyarankan susu kedelai formula bisa digunakan hanya dengan saran dokter.

Lembaga pengawas makanan Inggris belum punya batas aman jumlah alumunium dalam susu formula. DR. Exely menginginkan pabrik pembuat susu untuk menurunkan tingkat kandungan atau mencetaknya pada label kemasan sehingga para orang tua memiliki sebuah pilihan informasi. Dr. Exely, Yang timnya menguji 16 merek susu formula terbaik untuk anak usia satu tahun ke atas di Inggris, mengatakan “Ini memprihatinkan, terutama karena produk dengan kandungan alumunium tertinggi yang kami temukan ternyata diperuntukkan untuk bayi prematur padahal mereka paling rentan.Ini benr-benar mengejutkan.” “Jutaan orang tua tak memiliki pilihan kecuali memberikan susu ini pada anak mereka. Saya menyarankan agar mereka berganti ke susu bubuk karena mengandung lebih sedikit alumunium,”Penelitian itu di terbitkan dalam jurnal BMC Pediatrics.