Pengertian Tri guna Makanan

pengertian-tri-guna-makananSudah tahu apa yang dimaksud dengan tri guna makanan? Pastinya Anda pernah melihat logo gizi seimbang yang berbentuk kerucut (tumpang) apakah saat masih SD atau SMP bukan? Zat gizi yang mebuat tubuh selalu bergerka dan melakukan aktivitas setiap hari karena adanya tiga kelompok zat yaitu zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur. Sehingga getiga zat inilah yang disebut dengan nama “TRI GUNA MAKANAN”.

Mari kita mencoba embahs satu persatu dari kelopok zat makanan ini. Berikut pembagiannya:

Zat Tenaga terdiri dari karbohidrat dan lemak. Bermanfaat untuk memberikan tubuh kita tenaga agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari. Sumber dari zat tenaga adalah nasi, roti, singkong, kentang, ubi, dan lain-lain. Sumber zat gizi lemak adalah minyak goreng dan mentega.

READ:  Sifat Lain Dari Penyakit Gizi

Zat Pembangun adalah protein yang berguna untuk tubuh agar dapat bertambah tinggi dan berat. Sumber protein dibagi menjadi protein hewani dan protein nabati. Sumber protein hewani adalah susu, telur, daging, ikan dan ayam.  Sumber protein nabati adalah tahu,tempe,kacang hijau,kacang tanah,dan lain-lain.

Zat Pengatur adalah zat vitamin dan mineral yang berfungsi untuk mengatur agar organ organ tubuh bekerja dengan baik. Sumber zat pengatur adalah syuran dan buah-buahan.

Cara makan gizi seimbang

Mengkonsumsi makanan dalam setiap harinya normalnya dibagi menjadi tiga bagian yaitu sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Setiap kali makan harus terdiri dari nasi (karbohidrat),lauk pauk(protein), sayur dan buah-buahan (vitamin dan mineral), serta susu. Ditambah makan makanan selingan atau minum susu sebanyak 2 sampai 3 kali. Makan gizi seimbang maksudnya adalah seimbang dalam jumlah, jneis dan jadwal.