Mengapa Harus Mempelajari Ilmu Gizi

mengapa-harus-mempelajari-ilmu-giziKapankah ilmu gizi ini dikenal? Jika Anda mengenal Mary Swartz Rose, berarti Anda sudah tahu kapan ilmu gizi ini mulai dikenal. Beliau adalah salah seorang profesor ilmu gizi di Universitas Columbia yang berasal New York, AS. Setelah itu maka lahirlah berbagai konsep-konsep baru mengenai ilmu gizi yang dihasilkan melalui berbagai penelitian dan penemuan, sehingga saat ini kata gizi pun bisa bermakna luas.

Di dalam Ilmu Kesehatan Masyarakat, awal mulanya ada bagian yang dikenal dengan Ilmu Gizi. Namun seiring berjalannya waktu pun mengalami perkembangan yang sangat bagus yang pada akhirnya Ilmu Gizi memisahkan diri kemudian menjadi disiplin ilmu tersendiri. Walaupun demikian, orang masih menganggap Ilmu Gizi merupakan bagian dari rumpun Ilmu Kesehatan Masyarakat.

READ:  Protein Kacang Kedelai atau Glycine Max

Banyak para ahli memberikan pengertian seputar ilmu gizi ini yang berbeda-beda namun makananya tetap sama diataranya: Ilmu gizi sangat berhubungan dengan segala sesuatu tentang makanan dalam hubungannya dengan kesehatan optimal. Asal kata “gizi” berasal dari bahasa Arab ghizda, yang berarti makanan. Di satu sisi ilmu gizi berkaitan dengan makanan dan di sisi lain dengan tubuh manusia. (Almatsier, 2001). Serta Achmad, 2010 memberikan pengertian jika Ilmu gizi merupakan ilmu terapan yang mempengaruhi berbagai disiplin ilmu dasar, seperti Biokimia, Biologi, Ilmu Hayati (Fisiologi), Ilmu Penyakit (Pathologi) dan beberapa lagi.

Lalu mengapa kita harus belajar tetang ilmu gizi? Sebab berbicara tentang gizi, tentu sangat menarik dan memang sudah menjadi hal yang teramat penting berkaitan dengan kesehatan tubuh kita. Memang benar bahwa Ilmu gizi merupakan salah satu ilmu yang harus dipelajari apalagi bagi Anda seorang mahasiswa dalam jurusan keperawatan.

READ:  Fungsi Zat Gizi Bagi Tubuh Kita

Tetapi tidak ada salahnya pula kita mengetahui apakah ilmu gizi itu. Karena ilmu ini akan membantu kita untuk memahami bagaimana metabolisme makanan di dalam tubuh manusia dan apa efeknya bagi tubuh, cara mengetahui angka kecukupan gizi dan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan kekurangan atau kelebihan nutrisi.