Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil dan Calon BayiMasa kehamilan bagi seorang calon ibu tentu banyak yang berubah seperti halnya dengan berat bedan meningkat dan ini sangatlah disanrankan karena kesehatan dan pertumbuhan janin itu dipengaruhi oleh kenaikan berat badan si calon ibu. Tetapi banyak bagi calon ibu yang kurang memahami hal tersebut.

Menaikan berat badan tidaklah dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan yang diluar batas kontrol jika hal ini terjadi maka besar kemungkinan si calon bayi tidak akan tumbuh dengan sehat. Selain itu ketika si ibu mengkonsumsi sembarang makan maka akan mengakibatkan obesitas berlebih, dan memiliki berat badan berlebih juga akan menganggu kesehatan sang ibu dan si calon bayi.

Memang saat masa kehamilan berat badan disarankan untuk bertambah akan tetapi ukuran bertambahnya berat badan ibu hamil pun harus disesuaikan. Makanan yang dikosumsi ibu untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu perlu diperhatikan, bukan sekedar makan akan tetapi tidak memiliki manfaat baik untuk ibu dan janin, makanan yang dikonsumsi ibu harus memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang penting untuk kesehatan ibu juga janin yang dikandung.

Makanan yang baik untuk ibu hamil bisa didapat dari makanan yang mengandung berbagai macam sumber vitamin, salah satunya adalah vitamin B6, merupakan bagian dari vitamin B yang biasa disebut dengan vitamin B kompleks, vitamin ini mempunyai banyak manfaat yang baik untuk tumbuh kembang bayi yang sehat juga kesehatan ibu hamil.

READ:  Apel Mengandung Vitamin dan Mineral yang Baik Bagi Kesehatan

Sumber Vitamin B6

Banyak sekali jenis makanan di sekeliling kita yang mempunyai kandungan vitamin B6 yang bermanfaat untuk ibu dan janin, beberapa contoh diantaranya adalah :

1. Gandum

Gandum merupakan makanan yang digolongkan jenis serealis yang mempunyai ciri yang tak jauh beda dengan padi. Gandum merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin B6 yang bermanfaat baik untuk ibu hamil

2. Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang biasanya dijadikan untuk bahan baku tempe, kacang kedelai baik dikosumsi oleh ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan vitamin B6.

3. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang banyak ditemui, kandungan vitamin B6 yang terdapat pada setiap satu cangkir bayam adalah sebesar 0,44 mcg. Manfaat bayam bagi ibu hamil salah satunya yaitu dapat membantu mencegah anemia.

4. Sawi

Sama halnya dengan bayam, sawi juga tak kalah populer. Sawi juga merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung vitamin B6 yang bermanfaat baik bagi kesehatan ibu hamil. Sawi juga bermanfaat mengontrol kadar kolesterol.

Untuk lebih jelasnya bunda bisa membaca artikel khusus yang saya buat yang membahas sumber vitamin B6 alami yang lebih aman tentunya untuk ibu hamil.

READ:  Defisiensi Asam Folat Pada Kehamilan

Manfaat Atau Kegunaan Vitamin B6 Bagi Ibu Hamil

Jika kita sudah mengetahui makanan apa saja yang mengandung vitamin B6, lalu kegunaan atau manfaat apa saja pula kandungan vitamin B6 bagi ibu hamil. Berikut merupakan beberapa contoh manfaat atau kegunaan vitamin B6 bagi ibu hamil :

1. Menghilangkan gejala morning sickness

Pada awal kehamilan atau trimester awal ibu sering mengalami gejala morning sickness seperti pusing, mual dan muntah, menurunnya daya tahan tubuh dan nafsu makan. Dengan mengosumsi sumber makanan yang mengandung vitamin B6 dapat membantu menghilangkan gejala morning sickness yang sering dirasakan oleh ibu terutama saat kehamilan awal.

2. Menghancurkan lemak dalam tubuh

Kandungan vitamin B6 bermanfaat untuk menghancurkan lemak pada tubuh dan dapat merubahnya menjadi energi. Kandungan vitamin B6 yang dapat meminimalisir obesitas berlebih pada ibu hamil karena manfaat nya yang dapat menghancurkan lemak dan merubahnya menjadi energi agar ibu selalu terlihat bugar.

3. Sebagai Antibodi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh

Saat fase kehamilan, daya tahan ibu hamil menurun dan rentan untuk terkena berbagai gejala yang menganggu kesehatan. Vitamin B6 bermanfaat sebagai antibodi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil agar ibu tidak gampang atau sering sakit.

4. Memperbaiki sistem metabolisme tubuh

Dalam proses kehamilan, ibu hamil mengalami perubahan pada tubuh sesuai usia kehamilan, Perubahan sistem metabolisme pada ibu hamil dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan akan mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan. Kandungan vitamin B6 dapat bermanfaat untuk menjaga sistem metabolisme tubuh.

READ:  Bila Ibu Hamil Sering Minum Susu

5. Menambah energi untuk ibu hamil

Menurunnya daya tahan tubuh saat kehamilan menyebabkan ibu hamil merasakan lesu serta cepat kelelahan. Dengan mengosumsi sumber makanan yang mengandung vitamin B6 dapat mengembalikan energi dan stamina ibu hamil agar ibu terlihat kuat dan bugar.

Akhir-akhir ini banyak beberapa jenis vitamin termasuk vitamin B6 yang dikemas dalam bentuk suplemen, bagi ibu hamil sebaiknya menghindari karena dimungkinkan vitamin B6 suplemen tersebut terkontaminasi dengan bahan kimia tertentu.

Vitamin B6 yang baik adalah vitamin yang terdapat dari sumber makanan murni seperti contohnya gandum, kacang kedelai, bayam yang telah kita baca sebelumnya. ibu perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan boleh atau tidaknya makanan dan minuman suplemen. Karena dengan berkonsultasi, dokter biasanya akan memberikan rekomendasi terbaik untuk kesehatan ibu juga janin yang dikandung. Semoga bermanfaat.