Makanan Peningkat Kadar Hemoglobin dalam Tubuh

Makanan Peningkat Kadar Hemoglobin dalam TubuhSetiap manusia tentunya sangat membutuhkan hemoglobin (Sel Darah Merah) agar tidak terjadi penyakit anemia. Mengapa manusia sangat membutuhkan hemoglobin? Sebab inilah yang akan membawa oksigen dan makanan ke seluruh tubuh.

Seseorang yang mengalami anemia maka akan merasakan lelah, lemah dan lesu. Pada umumnya akan dirasakan bagi wanita yang melakukan diet, karena wanita yang melakukan program diet, pastiya selalu mengontrol makanan yang dikonsumsi dan akan lebih memilih makanan yang rendah kalori dan tinggi serat yang kemungkinan kandungan nutrisi sangat sedikit.

Anemia atau kekurangan sel darah merah dapat terjadi akibat kurang mengkonsumsi makanan bernutrisi dan penambah darah. Faktor makanan juga dapat mempengaruhi terjadinya anemia. Artikel yang diberikan oleh info gizi kali ini akan membahas beberapa makanan yang dapat menambah darah yang penting bagi tubuh.

READ:  Pengaruh Defisiensi Fe

Sayuran

Sayur-sayuran memiliki banyak jenis dan pastiya sangat mudah untuk ditemukan, baik di pasar atau di kebun milik sendiri. Sayuran juga dapat menambah hemoglobin atau darah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia. Sayuran tersebut seperti bayam, kacang polong hijau, ubi, kentang, sawi, brokoli, kol, lobak dan kacang merah. Dari semua jenis sayuran tersebut, ubi dan bayam sering digunakan sebagai bahan makanan untuk menambah sel darah merah karena tingginya kandungan zat besi di dalamnya. Fungsi dari zat besi sendiri adalah mengaktifkan hemoglobin dan meningkatkan kandungan oksigen dalam darah yang akan di edarkan ke seluruh tubuh.

Buah-Buahan

Selain sayuran, buah juga dapat meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh. Buah tersebut seperti apel, anggur merah, kismis, plum, limau, jeruk dan melon. Semua jenis buah tersebut juga memiliki manfaat melancarkan peredaran darah sehingga terhindar dari penyumbatan dan terhindar dari penyakit jantung.

READ:  Hubungan Nucleoprotein Dengan Berbagai Penyakit

Daging

Mengkonsumsi daging juga dapat menambah hemoglobin, sebab di dalamnya terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Daging juga mudah untuk dicerna oleh organ pencernaan, sehingga tidak mengakibatkan gangguan pencernaan seperti sembelit. Namun bagi yang menjalankan program diet, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi daging yang rendah lemak. Sehingga terhindar dari penyakit jantung atau kolesterol.

Kacang Almond

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat tinggi kandungan zat besi. Selain itu, kacang almond mudah di dapat dan harganya cukup pas di kantong. Jadi, sehat didapat kantong pun aman.

Roti dan Sereal

Roti dan sereal merupakan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan zat besi sebanyak 20% per harinya, apabila rutin untuk dikonsumsi. Roti dan sereal yang terbuat dari gandum juga aman untuk program diet dan juga tinggi kandungan zat besi.

READ:  Manfaat Buah Naga untuk Tumbuh Kembang Anak

Demikian tadi makanan penambah sel darah merah atau hemoglobin agar terhindar dari anemia. Semoga bermanfaat!