Pengertian Gizi dan Manfaatnya Untuk Tubuh Manusia

Pengertian Gizi dan Manfaatnya Untuk Tubuh ManusiaKetika kita mendengar kata gizi maka yang terbayang adalah makanan dan minuman yang memiliki segala zat yang terkandung didalamnya dan itu sangat dibutuhkan oleh oleh tubuh agar tubuh tetap fit dalam menjalankan aktivitas tiap harinya.

Gizi sangat terkait dengan zat yang terdapat dalam makanan begitu juga minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Saat makanan dan minuman yang kita konsumsi kurang atau gizinya tidak seimbang makan akan mengakibatkan masalah seperti halnya penyakit gangguan gizi pada tubuh manusia itu sendiri.  Namun pengertian gizi tidaklah seserhana itu. Kemudian,  seberapa besar manfaatnya bagi tubuh manusia? Dari itu untuk mengetahuinya baca terus artikel ini sampai selesai.

Arti Gizi Dalam Kajian Ilmu Medis

Adanya zat gizi dalam tubuh manusia merupakan pertahanan serta jaringan yang membuat tubuh berfungsi sebagaimana mestinya. Saat manusia tidak lagi memperhatikan asupan gizinya, maka besar kemungkinan beberapa fungsi jaringan dalam tubuh tidak akan bekerja dengan baik. Adanya gizi dalam tubuh, disebabkan oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Sedangkan macam-macam zat yang termasuk dalam gizi adalah sebagai berikut :

READ:  Tanda Bahwa Tubuh Anda Membutuhkan Kalium

Air, merupakan bagian terpenting dari setiap sel tubuh yang dapat ditemukan pada hampir semua bahan makanan baik hewani maupun Perlu diketahui pula bahwa dalam struktur tubuh manusia, air merupakan zat yang lebih dominan sebagai pembangun struktur tubuh itu sendiri.
Karbohidrat, yaitu za gizi yang terbentuk dari unsur karbon, Oksigen, dan Hydrogen.
Mineral, yaitu senyawa berbagai garam mineral atau juga terdapat sebagai unsure bebas.
Vitamin, yaitu berupa senyawa organik yang funngsinya menyerupai fungsi Hormon.
Protein yang terbentuk dari senyawa selain karbon, Oksigen, dan Hydrogen yang juga menngandung unsur Nitrogen.
Lipida atau lemak yang terbentuk dari rantai karbon , Oksigen, dan Hydrogen pada proses metabolism tubuh.

Makanan Bergizi

Sesuai dengan pengertian gizi yang sudah dijelaskan sebelumnya, zat-zat di atas merupakan pembangun tubuh yang mana masing-masing zat tersebut memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Perlu menjadi catatan pula bagi kita bahwa semua zat tersebut harus ada di dalam tubuh manusia dengan kadar yang seimbang atau sesuai kebutuhan tubuh manusia itu sendiri. Segala sesuatu yang berlebihan pasti  akan buruk akibatnya, begitu pula dengan zat-zat yang termasuk dalam gizi ini. Misalnya saja kadar zat lipida atau lemak yang berlebih pada tubuh manusia akan berakibat masalah kegemukan hingga berakibat pada penyakit kronis lainnya pada tubuh manusia.

READ:  Unsur dan Elemen Mineral

Manfaat Gizi Untuk Tubuh Manusia

Bagaimana sebenarnya manfaat gizi untuk tubuh manusia? Nah, dalam kesempatan ini ada beberapa poin penting yang menjadi manfaat gizi bagi tubuh manusia, diantaranya adalah :

Sebagai penghasil energi tubuh, sebagian zat-zat pada makanan yang kita konsumsi oleh sistem pencernaan organ tubuh akan akan diolah hingga menghasilkan energy. Energy inilah yang kemudian membantu manusia untuk bisa melakukan berbagai aktifitasnya sehari-hari. Apa saja zat-zat penghasil energy tersebut? Zat sebagai pembentuk energy tubuh adalah karbohidrat, protein dan juga lipida atau lemak.

Sebagai pembentuk sel jaringan tubuh, yang mana zat gizi yang termasuk untuk membentuk ini adalah air, mineral dan protein. Dalam hal pembentukan sel jaringan tubuh ketiga zat tersebut secara bersama-sama diolah oleh organ tubuh hingga kemudian terbentuk lah sel jaringan tubuh baru terutama sebagai pengganti jaringan yang sudah rusak atau tidak berfungsi lagi.

READ:  Metabolisme Vitamin B6

Sebagi pengatur fungsi dari reaksi biokimia dalam tubuh (stimulansia), agar fungsi dan reaksi biokimia dalam tubuh dapat berjalan dengan cepat dan baik maka tubuh membutuhkan zat-zat sebagai stimulansia (perangsang dan pengatur) dalam proses tersebut. Zat vitamin lah yang membantu proses reaksi biokimia dalam tubuh hingga dapat berjalan dengan baik, nah vitamin ini tentu saja terdapat dalam setiap makanan yang telah kita konsumsi.