Tanda Bahwa Tubuh Anda Membutuhkan Kalium

Tanda Bahwa Tubuh Anda Membutuhkan KaliumAnda tahu kalium itu apa? Kalium merupakan satu jenis mineral terpenting yang harus dimiliki oleh tubuh dan paling terpenting bawah kalium ini menempati peringkat ke tiga dari zat mineral terbanyak yang paling dibutuhkan oleh tubuh.

Lalu apa fungsi kalium dalam tubuh manusia? Fungsinya sebagai pembentuk sel dan juga berfungsi sebagai pengendali dari beberapa organ di dalam tubuh seperti jantung, ginjal, hati, paru-paru dan juga pada kesehatan otot. Jadi sudah dipastikan bawah tubuh kita sangat membutuhkan peran dari zat yang dinamakan kalium.

Kalium dan natrium yang ada dalam tubuh kita saat bekerja sama dan berkolaborasi, maka akan membuat keseimbangan asam basa dan mengatur keseimbangan air yang tentunya sangat penting bagi tubuh. Lalu bagaimana jika tubuh kekurangan kalium? Tentu memberikan dampak negatif bagi tubuh dan itu akan dirasakan oleh tubuh diantaranya:

READ:  Makanan yang Baik Saat Usia 40 Tahun

Kelelahan

Saat kita merasa lelah, itu bukan saja karena kita anemia namun bisa saja itu karena tubuh kekurangan kalium dan juga menjadi ciri ciri gula darah rendah. Mengapa kekurangan kalium dapat membuat seseorang menjadi lelah? Sebab kalium mengendalikan cairan tubuh maka jika zat ini kurang di dalam tubuh akan mengakibatkan tubuh menjadi kelelahan. Kelelahan ini akan berlangsung secara terus-menerus dan sangat sulit dihilangkan setelah minum air yang cukup banyak.

Kulit Kering

Selain kelelahan, kulit juga mengalami masalah seperti terasa kering disebabkan kelembabannya sudah hilang akibat kurangnya cairan. Mengatasinya Anda harus mencukupi kebutuhan akan kalium dan juga kebutuhan akan caran.

Kelemahan Otot

Seperti yang kamu sebutkan diatas, fungsi kalium juga menjaga kesehatan otot. Oleh sebab itu ketika Anda merasa bahwa bagian otot anda mengalami kelumpuhan dan sulit digerakkan mungkin saja itu karena kurangnya zat kalium dalam tubuh. Terjadinya ditandai dengan nyeri sendi lutut yang tidak kunjung hilang.

READ:  Kalorimeter Tak Langsung Atau Indirect Calorimetry

Refleks yang Lambat

Apakah Anda orang yang tidak cepat refleks? Jika ia maka bisa saja Anda kekurangan zat kalium. Seperti halnya digigit nyamuk Anda tidak merasakan langsung saat nyamuk itu mulai menusuk kulit Anda padahal orang lain akan langsung merasakannya.