Penyebab Utama Gizi Buruk Pada Penerus Bangsa

Penyebab Utama Gizi Buruk Pada Penerus BangsaSiapa yang dikatakan penerus bangsa? Siapa lagi kalau bukan anak-anak bangsa kita sendiri. Apakah Anda tahu jika negara Indonesa menempati urutan juara kelima dalam masalah gizi buruk di dunia.

Artinya bangsa Indonesia masih memiliki PR untuk mengatasi masalah gizi buruk yang ada di beberapa darah yang dinaungi burung garuda. Gizi buruk yang menggorogoti anak bangsa adalah faktor yang muncul dari kehidupan sehari-hari.

Terjadinya gizi buruk bisa saja terjadi pada siapa saja saat kurangnya asupan nutrisi yang ada masih dibawah standar. Asupan nutrisi yang kami maksud seperti halnya karbohidrat, protein dan juga kalori. Masalah gizi yang paling utama yang sering terjadi pada kebanyakan anak yaitu kurangnya energi protein.

READ:  Cara Memulihkan Gizi Buruk Dengan Cepat

Hingga saat ini masalah mereka yang terjangkit gizi buruk adalah anak-anak, mengapa? Banyak penyebab masalah itu mungkin saja karena orangtua mereka memiliki berbagai masalah sehingga tidak mampu mencukupi kebutuhan gizi untuk keturunan mereka. Salah seorang spesialis gizi mengatakan anak-anak mengalami gizi buruk karena disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

Faktor ekonomi

Sudah menjadi pengetahuan umum jika negara kita Indonesia ini, merupakan negara yang memiliki masalah ekonomi yang rendah sehingga hal itu merupakan faktor pertama yang dialami oleh banyak keluarga. Banyak yang keluarga beranggapan jika untuk makan sehari-hari saja tidak cukup apalagi untuk mencukupi asupan gizi yang cukup. Padahal, masa kritis gizi buruk yang dialami anak terjadi pada usia antara 1 sampai 3 tahun.

READ:  Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Gizi Buruk

Sanitasi

Kondisi sanitasi yang kurang baik di rumah dapat berimbas pada kondisi kesehatan anggota keluarga, terlebih anak-anak. Buruknya sanitasi juga dapat mencemari beberapa bahan makanan yang akan diolah menjadi masakan.

Pendidikan

Lebih baik lagi setiap orang tua memiliki pengetahuan yang cukup tetang pentingnya asupan gizi yang cukup bagi anak. Kurangnya tingkat pendidikan orangtua sehingga mereka tidak mampu untuk menyediakan jumlah gizi yang dibutuhkan anak. Seorang ibu merupakan kunci utama terpenuhnya asupan gizi bagi anak-anaknya begitu juga sebagai kunci untuk mengatasi gizi buruk. Orangtua yang tidak tahu mengenai pentingnya asupan gizi bagi anak akan cenderung untuk acuh dan menganggapnya tidak penting

READ:  Kebutuhan Tubuh Akan Karbohidrat

Perilaku orangtua

Banyak dari orangtua yang beranggapan bahwa dirinya adalah yang paling tahu, sebenarnya mereka masih memerlukan bantuan bimbingan dari para ahli gizi dan medis untuk mengatasi permasalahan kesehatan dan gizi yang dialaminya.