Menjaga Kehamilan Usia 4 Bulan dengan Porsi Makan yang Tepat

Menjaga Kehamilan Usia 4 Bulan dengan Porsi Makan yang TepatSelama masa kehamilan, kebutuhan Anda untuk semua nutrisi tentunya meningkat. Misalnya, Anda akan perlu lebih banyak kalsium, lebih banyak protein, dan asam folat. Namun, kebutuhan kalori meningkat hanya sedikit selama kehamilan. Anda akan perlu memasukkan semua nutrisi tambahan sekitar 300 kalori ekstra per hari selama trimester kedua dan 400 kalori ekstra per hari di trimester ketiga Anda.

Menurut Institute of Medicine, wanita aktif rata-rata membutuhkan antara 2.200 dan 2.400 kalori per hari sebelum kehamilan, total kalori sekitar 2.500 sampai 2.700 kalori per hari pada trimester kedua, dan 2.650 untuk 2.850 kalori per hari pada trimester ketiga. Wanita yang tidak aktif akan membutuhkan lebih sedikit kalori.

READ:  Menemukan Mamfaat Air Putih bagi Kehamilan

Panduan Menu Makan untuk Ibu Hamil

Tabel berikut menunjukkan jumlah minimum porsi yang dibutuhkan untuk sekitar 2.600 kalori per hari. Kebutuhan kalori kurang atau lebihnya tergantung pada trimester Anda dan tingkat aktivitas Anda.

Padi-Padian atau Biji-bijian Utuh, Roti, Sereal

13 porsi atau lebih, pilih whole grains (misalkan beras merah, beras hitam) bila memungkinkan.

Takaran 1 porsi = 1 potong roti; atau 1/2 roti atau roti bagel; atau 125 gr sereal matang, gandum, atau pasta; atau 180-250 gr sereal siap-makan.

Kacang polong, Kacang-Kacangan, Susu

6 porsi atau lebih,  pilihlah makanan yang kaya kalsium seperti susu kedelai yang diperkaya, tahu, dan kacang.

Takaran 1 porsi = 172 gr kacang matang; atau 4 ons tempe atau tahu; atau 3 ons pengganti daging/daging vegetarian; atau 2 sendok makan mentega kacang; atau 250 gr susu kedelai yang difortifikasi atau non-susu sapi lainnya.

READ:  Alergi Makanan Bisa diganti dengan Makanan Pengganti

Sayur-Sayuran

7 porsi atau lebih porsi, pilih setidaknya satu sayuran hijau gelap setiap hari. Brokoli, kale, collard hijau, sawi, dan bok choy adalah sayuran yang kaya kalsium dan harus sering dipilih.

Takaran 1 porsi = 137 gr sayur matang atau 275 gr sayur segar mentah

Buah-buahan

7 porsi atau lebih, seringlah memilih buah segar dan jus yang diperkaya kalsium.

Takaran 1 porsi = 125 gr buah kalengan atau jus, atau 1 buah sedang, atau 132 gr potongan buah.