Air Susu Formula Harus Dipanaskan Terlebih Dahulu

Air Susu Formula Harus Dipanaskan Terlebih DahuluKebayakan dari ibu yang memiliki bayi yang sudah minum susu formula menggunakan air mineral steril tetapi tidak panas untuk membuat susu untuk sang bayi. Pertanyaannya disini apakah tidak masalah jika menggunakan air mineral tidak panas untuk membuat susu walaupun air dan susu formula sudah steril?

Sebaiknya airnya untuk membuat susu harus direbus sampai mendidih. Sebabnya walaupun air sudah steril dan susu formula bubuk di dalam kotak juga sudah steril tetapi masih ada kemungkinan tercemari bakteri dari peralatan dan bahkan sendok yang digunakan.

Walaupun susu formula sudah di segel dengan sangat bagus juga ada kemungkinannya bisa juga mengandung bakteri yang masih aman untuk orang dewasa tetapi tidak aman untuk bayi yang pencernaannya masih sangat lemah.

READ:  IDI Tak Mempromosikan Susu Formula

Air mineral dengan merek termahalpun jika di gunakan untuk membuat susu formula untuk bayi harus di rebus karena kemungkinan masih ada bekteri yang tersisa. Bakteri sangat aman untuk anak-anak dan orang dewasa tetapi bisa menjadi penyakit pencernaan jika di pakai untuk bayi Anda.

Cara terbaik untuk membuat susu formula adalah dengan merebus air mineral dengan menggunakan wadah yang bersih dan steril, merebus air hingga mendidih atau pada suhu 70 derajat. Pada saat air mendidih jangan langsung di gunakan untuk membuat susu formula tetapi tunggulah kurang lebih 20 hingga 30 menit.

Untuk membuat susu formula bayi Anda, tempatkan air terlebih dahulu pada wadah atau botol kemudian baru di tambahkan susu formula sesuai takaran. Sebelum memberikan untuk bayi Anda cobalah di test pada tangan anda apakah panas atau hangat, jika sudah hangat berarti aman untuk si kecil.

READ:  Hal yang Harus Dihindari Saat Kita Mengkonsumsi Susu

Jika Anda menggunakan beberapa botol susu formula perlu di lakukan sterilisasi peralatan bayi agar si kecil tidak cepat sakit. Bisa juga di lakukan dengan merebus botol dan dot yang biasa di gunakan untuk membuat susu formula. Setelah di rebus dan di sterilkan Anda harus memegang botol dengan tangan steril juga karena bayi yang baru berusia beberapa haru sangat sensitif terhadap bakteri walaupun sangat sedikit menempel di tangan Anda.