Makanan Kaya Nutrisi Baik Untuk Pertumbuhan Si Kecil

Makanan Kaya Nutrisi Baik Untuk Pertumbuhan Si KecilSetiap bayi dalam proses pertumbuhan tentu asupan makanan yang paling utama yaitu pemberian ASI oleh ibunya hingga waktu yang ditentukan. Mengkonsumsi ASI bagi bayi merupakan satu-satunya bahan makanan agar sikecil merasa kenyang. Ketika bayi sudah mulai bertambah usianya pemberian ASI saja tentu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Mungkin sebagian ibu beranggapan jika memberikan makanan seperti sayur dan buah meberikan nampak positif bagi tumbuh kembang si kecil. Namun ternyata tidak Anda sebagai seorang ibu harus ketahui jika pemberian nutrisi setiap bayi itu berbeda-beda melihat dari usia pertumbuhannya. Oleh karena itu bagi Anda sebagai ibu muda, sebaiknya mengenali betul beberapa jenis makanan yang memiliki serat yang baik dalam memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Beberapa makanan dibawah ini yang kaya akan nutrisi dan tentunya baik untuk tumbuh kembang si kecil.

Alpukat

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah alpukat? Buah yang dikenal memiliki nutrisi yang tinggi. Mungkin saja Anda ingin mencoba dan menjadikan alpukat sebagai salah satu alternatif dalam pemenuhan nutrisi bayi. Memiliki tekstur dan daging yang lembut tentu sangat mudah untuk diolah dirumah dan sangat baik untuk pencernaan si kecil.
Buah alpukat mengandung 2 gram serat dan juga lemak yang baik dalam hal menurunkan kolesterol serta mampu mengurangi resiko penyakit jantung.

READ:  Makanan Alami Bayi

Roti Gandum

Gandum adalah salah satu jenis makanan yang sudah dikenal memiliki serat lumayan tinggi. Olahan gandum seringkali ditemukan dan merupakan sajian santapan pagi saat sarapan dalam bentuk roti yang lebih praktis dan cepat saji. Namun sebelum itu sangat PENTING bagi Anda yang baru saja menjadi ibu muda untuk mengetahui dan sebelum terlambat, sebaiknya cari tahu dulu riwayat penyakit si kecil, apakah si kecil memiliki penyakit Celiac atau tidak.

Apel

Apel ternyata termasuk dalam salah satu buah yang kaya akan serat apalagi dikonsumsi dengan kulitnya. Telah ditemukan jika mengkonsumsi buah apel dengan kulitnya berarti Anda telah mengkonsumsi 4-6 gram serat. Oleh karena itu sangat baik untuk dikonsumsi oleh si kecil dari kebutuhan total serat sebesar 20 gram. Potong-potong buah apel dengan bentuk memanjang agar bayi dengan mudah untuk digenggamnya. Namun ingat jangan sekali-kali mengkonsumsi buah apel tanpa dicuci terlebih dahulu apalagi untuk si kecil. Satu lagi apabila Anda sering makan apel namun mengupas kulitnya, sebaiknya hilangkan kebiasaan itu.

READ:  Gizi Ibu Menyusui

Brokoli

Mengkonsumsi brokoli tentu sangat baik dan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Bukan saja untuk orang dewasa namun untuk si kecil juga. Salah satu manfaat brokoli yang infogizi.com berikan yaitu dapat mencegah timbulnya bibit kanker yang mungkin saja dapat berkembang sejak si kecil dilahirkan. Semangkuk brokoli dapat memberikan 5,1 gram serat yang dibutuhkan oleh bayi. Brokoli juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan gigi dan tulangnya.

Oatmeal

Ada anggapan mengatakan jika oatmeal merupakan salah satu makanan tersehat di dunia. Oatmeal memiliki kandungan jenis serat spesial yaitu beta glucan yang diketahui sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan si kecil. Agar ia tidak mudah bosan, buatlah sajian oatmeal yang lebih menarik dengan berbagai menu kreasi unik.

Pisang

Pisang merupakan jenis buah yang paling sering dipilih sebagai makanan pendamping asi. Bukan hanya karena teksturnya yang sangat lembut tetapi juga mudah sekali diperoleh. Pisang juga memiliki banyak serat yang sangat cocok untuk makanan pendamping asi dan sekaligus dalam pemenuhan nutrisi bayi. Dalam sebuah pisang berukuran sedang, terdapat sekitar 3,1 gram serat yang dapat diserap tubuh. Pisang juga kaya akan kalium, Vitamin B6 dan Vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

READ:  Manfaat Penting Makan Buah Pisang Untuk Wanita Hamil

Almond

Sama seperti pisang, almond juga mengandung sekitar 3 gram serat. Tak hanya itu, kandungan kalori, lemak baik dan Protein yang cukup tinggi dalam almond juga bisa membuat si Kecil merasa kenyang lebih lama. Selain memenuhi kebutuhan gizi balita, rasanya yang gurih juga bisa memperkaya pengalaman si Kecil soal rasa makanan. Jadi, menu camilannya pun bisa lebih bervariasi.

Masih banyak lagi jenis makanan kaya serat yang lainnya yang dapat dijadikan sebagai daftar menu harian untuk pemenuhan gizi bayi. Diatas merupakan sebagian kecil jenis-jenis makanan yang kaya akan serat untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi bayi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda dalam upaya pemenuhan nutrisi bayi. Selamat mencoba.