Lagi Hamil, Sebaiknya Hindari Konsumsi Ikan Asin

Lagi Hamil, Sebaiknya Hindari Konsumsi Ikan AsinSelain tahu dan tempe, ikan asin merupakan salah menu lauk pauk yang banyak digemari orang karena rasanya yang gurih dan juga harganya sangat pas dikantong masyarakat. Tidak jarang banyak para ibu hamil yang mengidamkan untuk mengkonsumsi ikan asin sebagai teman nasi dan sayur di meja makan. Namun dalam masyarakat sebuah mitos yang mengatakan jika ibu hamil mengkonsumsi ikan asin maka akan menyebabkan beberapa masalah dalam kesehatan ibu hamil tersebut sehingga membuat keluarga harap-harap cemas.

Apasih bahaya ikan asin bagi ibu hamil menurut dokter kandungan?
Pada sejatinya ikan asin merupakan jenis lauk sangat aman dikonsumsi bagi ibu hamil. Apakah karena telah diasinkan sehingga banyak masyarakat terutama ibu hamil yang takut untuk mengkonsumsinya? Betapa pun, lauk ini berasal dari ikan-ikan yang diperoleh dari hasil tangkapan nelayan yang kemudian diawetkan.

READ:  Makanan yang Baik Saat Usia 40 Tahun

Oleh karenanya, kandungan gizi dan nutrisi seperti protein, lemak, vitamin, dan mineralnya pun sedikit banyak pasti masih tersisa di dalamnya. Namun walaupun demikian bukan berarti ikan asin diharuskan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil namun Anda harus tahu ada beberapa pertimangan yang harus Anda tahu dan harus dipertimbangan yang antara lain:

Jangan Mengkonsumsi Terlalu Sering

Ikan asin memang memiliki nutrisi yang lumayan tinggi, namun ibu yang sedang mengandung disarankan untuk tidak mengkonsumsinya terlalu sering, apalagi dalam jumlah banyak. INGAT… Ikan asin salah satu jenis makanan yang tanpa bahan pengawet sedikit pun, akan tetapi akan berdampak negatif bagi kesehatan Anda.

Perhatikan Kondisi Kesehatan

READ:  Status Gizi Ibu Hamil Pada Waktu Pertumbuhan dan Selama Hamil

Ibu hamil yang mengkonsumsi ikan asin tentu sangat diperlukan untuk memperhatikan kondisi kesehatan. Apalagi bagi ibu hamil yang memiliki masalah hipertensi (darah tinggi) disarakan agar tidak sama sekali untuk mengkonsumsi lauk pauk ikan asin. Sebab Anda tahu jika ikan asin memiliki kandungan garam yang lumayan tinggi yang menyebabkan jantung akan berdebar 2X lipat dari biasanya dan tentunya akan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan tekanan darah tinggi, pada ibu hamil cukup berisiko bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Perhatikan Jenis Ikan Asin

Salah satu ikan asin yang tergolong lebih aman adalah ikan asin teri sebab ikan asin teri umumnya menggunakan sedikit bahan pengawet dibandingkan ikan asin berukuran besar. Dan ikan asin air tawar dan ikan asin pada umumnya memiliki jumlah bahan pengawet yang lebih banyak.

READ:  Boleh dan Tidaknya Wanita Hamil Konsumsi yang Pedas

Demikianlah pemaparan mengenai bahaya makan ikan asin untuk ibu hamil. Sebagai masukan bagi Anda ibu yang sedang hamil, infogizi.com menyimpulkan bahwa ibu hamil tetap boleh mengkonsumsi ikan asin selama kehamilan asalkan tetap mempertimbangkan hal-hal di atas.