Pengaruh ASI Dibandingkan dengan Susu Formula Bagi Balita

Pengaruh ASI Dibandingkan dengan Susu Formula Bagi BalitaSusu merupakan sumber asupan makanan yang sangat penting bagi seorang bayi saat dia baru lahir dan belum bisa mengkonsumsi makanan selain air susu. Salah satunya yaitu pemberian ASI dari ibunya untuk memenuhi gizi dan nutrisi bayi yang baru lahir. Tujuan pemberian ASI untuk bayi baru lahir tidak lain adalah untuk memberikan kekebalan tubuh secara alami. Dengan memberikan ASI secara eksklusif. Memberikan ASI secara eksklusif juga dapat membantu seorang ibu dalam membangun ikatan batin terhadap anak yang baru dilahirkannya.

Memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi yang baru lahir merupakan kewajiban setiap ibu hingga bayi tersebut berusia 2 tahun. ASI sangat berperan penting untuk mempengaruhi perkembangan saluran cerna bayi. Bayi yang diberikan ASI secara eksklusif memiliki saluran pencernaan yang baik terutama pada daerah usus.

READ:  Panduan Menyajikan Susu Formula

Mengapa pemberian ASI sangat penting diberikan pada bayi yang baru lahir dibandingkan dengan susu permula? Sebuah penelitian yang telah dilakukan 12 bayi yang diberikan ASI dan 10 bayi yang diberikan susu formula, siklus sel-sel usus yang berlangsung hanya tiga hari ini dapat memberikan gambaran bagaimana perkembangan jutaan sel-sel usus dari mulai yang sederhana sampai sel-sel yang telah terdeferensiasi dan telah menunjukkan fungsinya terlihat bahwa perkembangan sel-sel usus bayi yang diberikan ASI lebih baik, di mana hal ini sangat penting karena saluran cerna pada bayi akan berkembang secara signifikan karena adanya respons makanan.

Setiap ibu yang baru saja melahirkan tentu memberikan yang terbaik untuk bayinya. Namun yang menjadi kendala bagi sebagian ibu yang baru saja melahirkan tidak bisa memberikan ASI untuk bayinya. Biasanya masalah ini disebabkan karena banyak hal, dan yang perlu diketahui oleh para ibu hamil kenapa ASI tidak dapat keluar walaupun terjadi hisapan oleh bayi. Mungkin beberapa faktor dibawah ini yang membuat ASI tidak dapat dikeluarkan diantaranya:

READ:  Air Susu Formula Harus Dipanaskan Terlebih Dahulu

Asupan gizi ibu sewaktu hamil
Kesehatan ibu sewaktu hamil sampai melahirkan
Hormon esterogen dan progesteron yang terkandung dalam tubuh ibu
Faktor psikologis ibu

Namun, pada artikel ini tidak dibahas bagaimana cara memperbanyak asi, atau apa yang menyebabkan asi tidak dapat dikeluarkan. Mungkin akan dibahas pada artikel berikutnya semoga bermanfaat buat Anda dan bayi Anda.