Pola Dasar Makanan Selama Masa Kehamilan

Pola Dasar Makanan Selama Masa KehamilanKehamilan yang sehat, tentu sangat dipengaruhi oleh pola makan yang baik dan juga menyehatkan. Melakukan cara yang tepat, bukan saja membuat calon ibu menjadi fit dan sehat, juga sangat membantu perkembangan sang bayi dalam rahim ibu. Seorang calon ibu harus jika perkembangan bayi Anda dalam kandungan tergantung dari apa yang Anda berikan dan lakukan baginya.

Dalam masa kehamilan salah satu bagian yang penting dalam membantu perkembangan janin dalam kandungan adalah apa yang Anda makan dan bagaimana cara makan Anda selama masa kehamilan. Olehnya itu, Anda harus tahu dan pelajari bagiamana pola dasar yang baik selama masa kehamilan Anda. Berikut ini beberapa pola dasar makan yang baik selama masa kehamilan yang diberikan oleh infogizi.com.

Ubah kebiasaan makan Anda

Bagaimana cara makan Anda saat belum hamil? Tentu Anda harus merubah hal tersebut. Ingatlah jika sekarang ini Anda sedang mengandung maka diet makanan Anda harus mengikuti diet makan untuk ibu hamil. Pada kehamilan Anda membutuhkan lebih banyak konsumsi protein ,kalori (untuk energi),vitamin dan mineral seperti asam folat dan zat besi untuk perkembangan bayi Anda. Ingat, Anda membutuhkan tambahan 300 kalori perhari.

READ:  Vitamin Prenatal yang Penting untuk Ibu Hamil

Menghindari makanan yang membahayakan

Makanan yang berbahaya yang kami maksud disini seperti daging dan telur mentah, keju lunak ,susu yang tidak di pasteurisasi, alkohol, juga kafein.

Jangan diet selama kehamilan

Melakukan program diet selama Anda hamil merupakan hal yang tidak dibolehkan. Sebab hanya dapat membahayakan ibu dan bayi. Melakuakan diet selama hamil akan menyebabkan kurang vitamin, mineral dan lain-lain yang penting selama kehamilan. Bertambahnya berat badan pada masa kehamilan merupakan salah satu tanda yang sangat baik untuk kehamilan yang sehat. Ibu hamil yang makan dengan baik akan bertambah berat badannya  secara bertahap, umumnya akan melahirkan bayi yang sehat.

Makan dengan Porsi Kecil tapi Sering

READ:  Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Saat wanita hamil pada tahap trimester awal biasanya terdapat keluhan seperti mual muntah, cobalah atasi dengan makan dengan porsi kecil tetapi sering, hindari konsumsi makanan yang pedas dan berminyak. Makan dengan porsi yang kecil tetapi di lakukan beberapa kali dianjurkan setiap empat jam. Ingat, walaupun Anda tidak lapar tetapi bayi Anda membutuhkan makanan secara teratur.

Minum Vitamin Kehamilan Secara Teratur

Makanan yang Anda makan adalah sumber vitamin yang paling baik, tetapi apakah Anda yakin diet makanan Anda cukup mengandung vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan, yang terutama  zat besi dan asam folat yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan bayi sehat? Untuk itu, Anda sebaiknya meminum vitamin secara teratur.

READ:  Zat Besi Pada Wanita Hamil

Minum Air yang Cukup

Usahakan minum air 8 gelas sehari. Sebab Anda butuh cairan yang cukup bagi Anda dan juga bayi anda. 33% pertambahan berat badan pada kehamilan adalah cairan. Cairan di butuhkan untuk membangun sel darah merah bayi untuk sistim sirkulasinya cairan ketuban. Tubuh Anda juga perlu air selama kehamilan untuk mengatasi konstipasi dan mengatur suhu tubuh.

Makanan Berserat, Buah-buahan dan Sayuran

Perbanyaklah makan-makanan yang berserat tinggi. Buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengatasi konstipasi Anda selama kehamilan.