Mengetahui Tingkat Perbedaan Rantai Makanan dengan Jaring Makanan

Mengetahui Tingkat Perbedaan Rantai Makanan dengan Jaring MakananSemua yang bernyawa tentunya akan membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidup dan memiliki energi untuk melakukan pekerjaan. Sumber energi bagi seluruh makhluk hidup didunia ini tentunya sudah kita kenal semua yaitu matahari. Membuat sebagian besar energi dari matahari saat mereka mengubahnya menjadi makanan mereka dengan bantuan fotosintesis. Tanaman yang demikian disebut produsen. Mereka dimakan oleh herbivora yang pada gilirannya dimakan oleh karnivora. Hal ini adalah rantai makanan sederhana tetapi ada banyak rantai makanan dan ini saling berhubungan untuk membuat sebuah jaring makanan.

Energi dilewatkan dari satu organisme ke organisme lain dalam jaringan yang kompleks. Ada kesamaan dalam rantai makanan dan jaring makanan namun jauh lebih banyak perbedaan yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Sebuah rantai makanan adalah jalur yang merupakan pertukaran energi dari satu organisme ke organisme lain. Dengan kata lain, itu adalah urutan kronologis siapa yang makan dan dimakan dalam suatu komunitas biologis.

READ:  Berbagai Cemilan Sehat Ibu Hamil dari Kacang-Kacangan

Rantai makanan berjalan bersama dengan jaring makanan, meskipun ada perbedaan antara keduanya. Sementara rantai makanan adalah jalur tunggal transfer energi, dan jaring-jaring makanan menunjukkan semua hubungan yang berbeda atau transfer energi mungkin antara kelompok yang dipilih spesies.

Sumber Energi dalam Rantai Makanan dan Jaring Makanan

Setiap komunitas biologis dapat memiliki beberapa ragam rantai makanan, namun setiap rantai makanan dimulai dengan sumber utama energi. Sumber energi yang seperti yang kami sebutkan diatas yaitu matahari. Rantai makanan lain mungkin dimulai dengan lubang ventilasi yang kecil dilaut sebagai sumber energi.

Adapun Perbedaan diantara Rantai Makanan dan jaring makanan adalah:

1. Tidak ada satu rantai makanan tapi puluhan rantai makanan yang terkait lintas satu sama lain menghasilkan lebih banyak rantai. Hal ini membuat rantai makanan yang saling berhubungan membentuk jaring yang terlihat seperti sarang laba-laba.

READ:  Tekanan Osmotic Cairan Tubuh

2. rantai makanan menunjukkan salah satu jalan saat hewan makan satu sama lain untuk menjadi karnivora besar di bagian atas.

3. jaring makanan menunjukkan bagaimana tanaman dan hewan saling berhubungan dengan jalan yang berbeda.

4. Jaring makanan menunjukkan bagaimana hewan yang saling berhubungan dan tidak tergantung pada rantai makanan tunggal.