Cara Membedakan Antara Beras Asli Dengan Beras Sintetis

Cara Membedakan Antara Beras Asli Dengan Beras SintetisAkhir-akhir ini kita dan seluruh masyarakat Indonesia telah digegerkan oleh adanya beras yang tercampur dengan plastik. Berita ini telah menyebar baik di televisi maupun dimedia sosial lainnya. Awal gemparnya berita ini dimulai dari ibu Dewi Seftiani seorang penjual nasi aduk didaerah bekasi Jawa Barat. Secara kasat mata memang sulit untuk dibedakan, tapi ada perbedaannya. Bagi Anda yang belum tahu pasti apa saja perbedaan yang mencolok dari beras palsu itu dengan beras yang asli, berikut cara membedakannya menurut ibu Dewi.

Wujudnya
Pengujian Laboratorium Sucofindo Adisam ZN menunjukan contoh bulir atau wujud beras asli dan beras plastik. Dilihat secara sekilas memang bentuk kedua bulirnya mirip namun s jika dipegang maka akan terasa agak licin. Sedangkan beras yang asli akan terasa kasar.

READ:  Hati-hati dengan Kemasan Makanan

Warna
Dari segi warna beras sintetis lebih berwarna putih dan terlihat bersih. Berbeda dengan warna beras asli yang berwarna putih tapi sedikit keruh. ”Butiran beras yang baru saya beli terlihat bening tanpa kotoran dan warnanya pun sangat mencolok. Kalau beras asli, di dalam butiran akan terlihat warna putih kecil di tengah-tengah. Jika dilihat dengan sekilas, memang sama. Tapi, jika dilihat lebih teliti lagi, akan terlihat perbedaannya,” lanjut Dewi.

Baunya
Dengan mencium aroma Anda dapat mengetahuinya. Beras plastik kalau dicium tidak wangi beras. Tapi, yang beras asli tentutnya wangi beras.

Menggumpal Setelah Dimasak
Dewi menyebutkan bahwa beras plastik akan menggumpal setelah menjadi nasi. Jika dipegang, akan terasa lembek tapi kenyal. ”Setelah jadi nasi, kok saya lihat bentuknya beda, nggak seperti nasi pada umumnya,” tutur Dewi ketika ditemui di warungnya.

READ:  Penuhi Gizi Seimbang di Hari Lebaran

Saat dibakar
Cara lain untuk menguji keaslian beras adalah dengan dibakar. Beras plastik akan cepat terbakar jika dikenai api. Berbeda dengan beras asli yang tidak terbakar, tetapi muncul wangi beras yang keluar karena beras terkena api.

Bagaimana sudah sudah tahu cara membedakan antara beras asli dengan beras sintetis? Sebaiknya  Anda periksa beras yang ada dirumah Anda sekarang jangan sampai Anda makan beras sintesis selain tidak enak untuk dimakan tentu juga sangat berbahaya buat kesehatan Anda dan keluarga.