Melancarkan ASI dengan Kebiasaan Konsumsi Pare

Melancarkan ASI dengan Kebiasaan Konsumsi PareHamil dan melahirkan adalah saat-saat yang paling membahagiakan bagi kehidupan seorang wanita dan tidak ada alasan yang tidak mengharuskan seorang ibu hamil untuk memberikan ASI esklusif kepada bayinya dengan memberikan ASI pada si kecil tentu akan memberikan nutrisi yang tepat lain dari itu akan menjauhkan si kecil dari penyakit yang berbahaya.

Menyusui lebih memiliki banyak tantangan daripada memberikan susu formula pada si kecil. Namun, kecuali ibu itu sedang menderita suatu penyakit yang mengharuskan untuk tidak menyusui, sebaiknya seorang ibu memberikan ASI eksklusif yang banyak bermanfaat terhadap tumbuh kembang si kecil.

Bagi seorang ibu yang baru memiliki anak pertama, tentu bukanlah hal yang mudah dalam menyusui sang bayi karena umumnya sang ibu akan merasakan sakit ketika pertama kali si keci meyusu. Tidak hanya itu, beberapa ibu bahkan mengalami masalah dalam produksi ASI, keluarnya sedikit dan tidak lancar. Dalam hal ini, seorang ibu perlu bersabar dan terus berusaha agar si kecil dapat menyusu. Berikut beberapa hal perlu seorang ibu lakukan demi kelancaran ASI. Apakah itu?

READ:  Konsumsi Salmon Pengaruhi Kandungan ASI

Produksi ASI
Agar mommy dapat memproduksi ASI yang lancar dan banyak, harus makan teratur dengan gizi seimbang ibu menyusui, misalnya sayuran, buah, ikan dan susu bila perlu. Selain itu, bagi para perokok, mommy harus stop merokok dan usahakan jangan minum kopi. Untuk menjadi Ibu ASI, mommy harus memperbanyak minum air putih karena itu akan sangat berpengaruh terhadap banyak sedikitnya produksi ASI.

Seorang ibu juga harus rileks waktu menyusui. Tegang dan stres akan menghambat produksi ASI. Terakhir, jangan pernah putus asa dalam menyusui dan menyerah pada susu formula. Ketika seorang ibu putus asa, coba pikirkan hak si kecil dan pentingnya ASI bagi pertumbuhan si kecil. Dalam hal ini peran suami juga sangat penting. Suami harus selalu mendukung istri dalam menyusui.

READ:  Penyakit Karena Kekurangan Karbohidrat

Makanan Pendukung
Hal yang berpengaruh terhadap kelancaran ASI adalah makanan ibu menyusui. mommy dapat mengkonsumsi daun katuk dan almond untuk memperbanyak pasokan ASI. Selain itu, seorang ibu juga dapat memanfaatkan pare.

Pare sangat terkenal dengan rasanya yang pahit. Tentu tidak masalah bukan makan sedikit pahit demi kebutuhan si kecil? Pare sangat istimewa karena dibalik rasa pahitnya tersimpan kandungan yang besar demi melancarkan ASI. Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia serta anti oksidan.

Hasilnya pasokan ASI menjadi lebih banyak dan mommy juga bisa membuat si kecil cepat kenyang karena ASI menjadi kental. Caranya,minumlah campuran blender pare mentah dengan air sehari sekali, bisa di pagi hari atau malam hari. Atau mommy bisa juga membuat jus dengan mencampur pare mentah, buah melon dan sedikit air.

READ:  Memilih Olahraga yang Tepat di Bulan Puasa

Apabila seorang ibu tidak bisa meminum jus pare, mommy bisa menyiasati dengan menjadikan pare sebagai sayuran dengan dimasak tapi jangan terlalu matang. Khasiat pare sangat dahsyat. Jadi, seorang ibu, jangan pernah abaikan makan pare saat menyusui karena selain untuk kelancaran ASI, pare juga membantu ibu menurunkan kadar gula dalam darah serta mengurangi risiko penyakit kanker.