Pertanyaan Ibu Hamil untuk Menghindari Makan Kacang

Pertanyaan Ibu Hamil untuk Menghindari Makan KacangSetelah melakukan penelusuran yang lebih jauh seputar apakah bahaya bagi ibu yang sedang hamil untuk mengkonsumsi kacang? Wanita yang mengkonsumsi lima atau lebih porsi per minggu dari kacang tanah mengurangi resiko anak yang dilahirkan alergi kacang dibandingkan wanita yang menghindari kacang selama kehamilan, seperti dilaporkan dalam Jurnal Pediatrics.

Sebelumnya, dokter merekomendasikan bahwa perempuan menghindari kacang selama hamil dan menyusui, karena khawatir mereka mungkin menyebabkan alergi pada anak. Tapi sekarang sebuah studi baru memberikan bukti sebaliknya bahwa makan kacang selama kehamilan dapat melindungi bayi yang dilahirkan terhadap alergi kacang.

Wanita yang makan kacang saat hamil cenderung memiliki anak resiko kecil alergi kacang dibandingkan wanita yang menghindari makan kacang saat hamil, demikian hasil dari temuan tersebut. Temuan dalam Journal of American Medical Association ( JAMA ) Pediatrics didasarkan pada studi terhadap lebih dari 8.200 anak-anak Amerika. Di antara mereka, peneliti menemukan 140 kasus anak-anak yang alergi terhadap kacang.

READ:  Zat Besi Pada Wanita Hamil

Ketika mereka melihat ke dalam diet para ibu selama kehamilan dan pasca melahirkan, seperti yang dilaporkan dalam Nurses Health Survey II, mereka menemukan bahwa wanita yang makan lima atau lebih porsi per minggu dari kacang, seperti kacang mete, almond dan kenari, yang jauh lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki anak-anak yang alergi dibandingkan wanita yang menghindari kacang ketika hamil dan menyusui.

” Studi kami menunjukkan peningkatan konsumsi kacang oleh ibu hamil yang tidak alergi kacang dikaitkan dengan rendahnya risiko alergi kacang pada anak-anak mereka, ” kata penulis senior Michael Young dari Rumah Sakit Anak Boston Divisi Alergi dan Imunologi.

” Dengan asumsi si anak tidak alergi terhadap kacang, maka tidak ada alasan bagi seorang wanita untuk menghindari kacang selama kehamilan.”

READ:  Makanan Pantangan Untuk Ibu Hamil Muda

Dokter yang digunakan untuk merekomendasikan bahwa perempuan menghindari kacang selama hamil dan menyusui, karena khawatir mereka mungkin menyebabkan alergi pada anak.

Alergi timbul ketika tubuh memperlakukan kacang sebagai penyerang berbahaya. Gejala dapat parah dan bahkan fatal, menyebabkan gatal-gatal, ruam, pembengkakan, kesulitan bernapas dan penurunan cepat dalam tekanan darah.

Tapi rekomendasi berubah pada tahun 2008, ketika American Academy of Pediatrics memutuskan tidak ada cukup bukti untuk melarang wanita untuk menghindari kacang selama kehamilan dan menyusui.

Penelitian selanjutnya, seperti yang terbaru dalam JAMA, telah menunjukkan bahwa konsumsi lebih banyak cenderung membantu daripada berbahaya, meskipun beberapa kebingungan tetap di kalangan masyarakat umum mengenai masalah ini.

READ:  Melancarkan ASI dengan Kebiasaan Konsumsi Pare

” Studi kami mendukung hipotesis bahwa paparan alergen dini meningkatkan kemungkinan toleransi dan dengan demikian menurunkan risiko alergi makanan anak-anak, ” kata artikel JAMA.

” Tapi kita dapat mengatakan bahwa konsumsi kacang selama kehamilan tidak menyebabkan alergi kacang pada anak-anak , ” kata seorang peneliti muda JAMA Pediatrics.