Perkembangan Bayi Bulan 3 dan 4

https://www.infogizi.comPertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Sekarang bayi anda mungkin sudah tidak terlalu sering menangis dan tidur, sehingga dia mempunyai lebih banyak waktu untuk mempelajari dirinya sendiri dan dunianya. Bayi baru mengetahui bahwa dia punya tangan dan kaki yang bisa ia kontrol, dan ia sangat suka memperhatikannya.

Cobalah untuk menaruh mainan di tangannya. Bayi mungkin akan memegang dan memperhatikannya sewaktu dia menggerakkan tangannya. Bayi juga mungkin akan menggapai benda-benda dan mengambilnya, sangat menyenangkan untuk berlatih.

Dia bisa memasukkan tangan ke dalam mulutnya dan mengisap jari-jarinya. Tetapi bayi Anda belum memiliki kontrol penuh pada tangan dan kakinya. Jadi bisa saja dia marah atau putus asa ketika dia tidak bisa membuat tubuhnya untuk mengikuti keinginannya.

READ:  Cukupi Nutrisi Untuk Pertumbuhan Mata Bayi

Bayi sangat senang memperhatikan sesuatu. Dia mungkin akan berhenti melakukan sesuatu untuk mengikuti mainan yang bergerak dengan matanya. Pegang mainan mendekati bayi anda, kemudian jauhkan. Dekatkan lagi, atau jauhkan dari penglihatannya. Apakah anda memperhatikan bahwa dia kelihatannya belum mengetahui bahwa suatu benda tetap ada walaupun ia tidak dapat melihatnya?

Bayi sangat suka membuat suara. Bahkan dia bisa tertawa sekarang! Bila anda semakin sering merespon bayi anda ketika dia “bicara”, bayi anda akan semakin sering menjawab dan tersenyum pada Anda. Cara ini merupakan latihan yang baik untuk berbicara yang sebenarnya nantinya membuat hidup lebih menyenangkan untuk semua orang.