Jenis Ikan Olahan

https://www.infogizi.comDi Thailand dan negara-negara Indochina ikan diolah menjadi saos ikan ( fish sauce ). Dengan pertolongan mikroba, ikan yang telah direbus difermentasikan dan mengalami hidrolisa sehingga menjadi suatu hasil olah seperti kecap; cairan mengandung campuran dari asam-asam amino hasil hidrolisa protein ikan tersebut.

Fungsi hasil olah ini menyerupai fungsi kecap di negeri kita dan meningkatkan selera makan. Saos ikan ini pun ada yang tidak menyukainya, tetapi banyak pula yang menganggap suatu kenikmatan tersendiri. Hasil olah ini pun mengandung banyak vitamin B12.

Ikan kalengan merupakan hasil teknologi modern, sedangkan cara-cara mengolah yang telah dibicarakan terlebih dahulu dianggap hasil olah tradisional.

Berbagai jenis ikan ( tongkol, sardin, salmon ) diolah di pabrik dan diberi berbagai jenis saos, kemudian di kemas di dalam kaleng yang telah disterilkan.

READ:  Makanan yang Wajib untuk Ibu Hamil

Ikan hasil olah kalengan mendapat nilai sosial tinggi di masyarakat dan umumnya disukai oleh mereka yang mempunyai daya beli cukup, karena harganya mahal terutama bila merupakan bahan makanan impor.

Pengolahan teknologi pangan yang mempergunakan panas ini merusak sebagian zat gizinya terutama vitamin. Keuntungan ikan dikalengkan ini ialah mempunyai daya tahan yang lama, sehingga dapat diperdagangkan ke tempat- tempat jauh dan mempunyai daya simpan lama.