Zat Gizi Dalam Daging Ikan

Daging IkanDaging Ikan

Komposisi zat-zat gizi di dalam jenis daging ikan, kira-kira sama. Perbedaan sering terdapat pada kadar lemak, ikan hidup di daerah perairan dingin ( laut ) mempunyai kadar lemak tinggi, sedangkan yang hidup didaerah perairan panas, kadar lemaknya lebih rendah ( ikan daerah laut tropik ).

Tetapi ikan besar di perairan panas juga mengandung lemak lebih tinggi dibandingkan dengan ikan berukuran kecil atau sedang diperairan yang sama.

Ikan yang melakukan hibernisasi, seperti yang hidup didalam lumpur pada saat kondisi air menjadi kering akan menimbun lemak terlebih dahulu sebelum menyusup ke dalam lumpur untuk melakukan hibernisasi tersebut.

Ikan Gurame, Kancra dan Nila maupun ikan Lele dan Belut yang besar akan terasa lebih gurih karena kadar lemaknya yang tinggi.

READ:  Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Ikan laut yang besar-besar dan mengandung banyak lemak, merupakan sumber kaya vitamin yang larut lemak seperti Vitamin A dan Vitamin D.

Tetapi ikan kecil mempunyai kelebihan sifat, karena dikonsumsi seluruh tubuhnya termasuk tulangnya ( ikan teri ), maka ikan kecil ini merupakan sumber zat kapur ( Ca ) yang baik sekali bagi anak-anak yang sedang tumbuh dan bagi ibu hamil atau sedang tumbuh dan bagi ibu hamil atau sedang menyusukan.

Akhir-akhir ini diketahui bahwa jenis-jenis ikan tertentu ( lemeru atau sardine ) mengandung banyak asam lemak esensial omega-3 ( disebut juga n-3 ) yang memberikan beberapa pengaruh menguntungkan bagi penderita penyakit CVD, seperti hypertensi, atherosclerosis dan penyakit-penyakit jantung koroner.