Daging Ternak Untuk Diet Rendah Lemak

https://www.infogizi.comDaging ternak yang masih muda pada umumnya lebih mudah dicerna dibandingkan dengan ternak yang sudah tua. Daging unggas air seperti bebek ( itik ) dan angsa sebaiknya cukup tinggi lapisan lemaknya didaerah subkutan, untuk melindungi binatang itu dari suhu air yang rendah, “Bebek Peking” terkenal sekali mempunyai rasa gurih karena lapisan lemak subkutan ini.

Dapat dicatat bahwa daging kelinci mengandung lemak sedikit, sehingga menjadi sumber protein hewani rendah lemak dan baik dipergunakan dalam diet rendah lemak dan rendah kalori.

Ada peternak ayam yang menyuntikan hormone steroid kepada ayamnya sebelum dijual, dengan maksud agar binatang tersebut lebih banyak mengandung air ( retensi air ) sehingga beratnya bertambah, karena ayam dijual menurut beratnya.

READ:  Makanan Kaleng Dari Ikan

Hal ini sebenarnya merugikan konsumen karena selain harus membeli air seharga protein, juga hormone tersebut dapat memberikan efek sampingan pada konsumen.

Terutama kalau suntikan hormone ini diberikan terlalu dekat sebelum ayam tersebut dipotong untuk dikonsumsi, risiko terdapatnya efek negative itu semakin nyata.