Musibah Kelaparan Wilayah

https://www.infogizi.comMusibah kelaparan wilayah yang luas mungkin terjadi akibat musim kering yang panjang didaerah luas atau karena resesi ekonomi yang mengakibatkan banyak pengangguran.

Persediaan bahan makanan pokok berkurang dan harga-harga membumbung tinggi, sedangkan daya beli masyarakat menurun karena banyak yang diputus hubungan kerja ( PKH ). Dampak musibah ini akan terasa oleh sebagian besar masyarakat hampir diseluruh negeri, terutama kelompok masyarakat ekonomi lemah.

Banyak factor-faktor lain yang terkait dengan kedua sebab ini dan juga dampaknya terkait pada factor-faktor yang sangat meluas. Faktor-faktor luar negeri ( internasioanal ) juga ikut dipersulit kondisi dan penanggulangannya.

Maka penanggulangannya juga tidak cukup dicoba dengan usaha-usaha dalam negeri saja, tetapi harus mencakup bantuan badan-badan pemerintah internasional.

READ:  Berbagai Manfaat Mentega yang Belum Diketahui untuk Kesehatan

Sejumlah banyak negara telah mengalami kesulitan musibah ini dalam bagian kedua abad kedua puluh dan Indonesia mengalami akhir abad tersebut.

Rupaya cara menanggulanginya berbeda-beda untuk masing-masing negara, Indonesia ditimpa musibah akhir tahun 1997-an sampai tahun 1998 masih belum tampak akan dapat ditanggulanginya.

Tampaknya kebijaksanan pembangunan yang telah ditempuh sejak tahun 1965-an harus diubah, kebijaksanaan politik, perokonomian, pertanian, perindustrian dan sebagainya secara menyeluruh harus diubah, disesuaikan dengan pengaruh globalisasi.