Teori Kontrol oleh Ferritin dan Kontrol Humoral

https://www.infogizi.comTeori control epithel mukosa usus tidak cukup didukung oleh kenyataan atau oleh data eksperimental, sehingga validitasnya sangat diragukan.

Teori control oleh Ferritin dan control humoral masih memerlukan tambhan data yang mendukung yang berdasarkan percobaab untuk dapat bertahan dan menunjukkan mana dari keduanya yang lebih dapat dipercaya. Tampaknya data yang telah terkumpul akhir-akhir ini teori control oleh ferrtin akan menjadi lebih ekseptabel.

Tahun 1937 MC CANCA dan WIDDOWSON berkesimpulan dari hasil penelitian-penelitiannya bahwa kandungan zat besi ( Fe ) di dalam tubuh ditentukan oleh absorpsi zat tersebut dan tidak oleh sekresinya. Namun demikian pada umumnya tidak ada kolerasi antara timbunan zat besi tubuh dengan kuantum Fe yang dikonsumsi dalam makanan.

READ:  Ekskresi Karbohidrat

Terdapat pertukaran TIMBAL BALIK ANTARA Fe dalam serotransferin dan Fe dalam selular ferritin. Transfer Fe dari epithel intestine ke dalam transferin plasma adalah proporsional dengan perbandingan antara exchagable Fe dalam plasma dan kadar total dalam tubuh