Penanggulangan Penyakit KKP

https://www.infogizi.comUpaya terhadap penanggulangan KKP masyarakat merupakan tindakan-tindakan preventif.

Perbaikan harus ditujukan pada factor-faktor penyebab lapis terdalam (pertama) maupun lapis ke dua (luar). Perbaikan ekonomi Negara, peningkatan pendidikan umum dan pendidikan gizi, penerangan serta penyuluhan gizi, peningkatan produksi bahan makanan dan peningkatan upaya-upaya pasca panen untuk menghindarkan penghamburan bahan makanan (waste) dan peningkatan hygiene lingkungan maupun perorangan.

Juga mengatur keluarga berencana merupakan factor yang pengaruhnya signifikan terhadap prevensi KKP dalam masyarakat. Kelompok penanggulangan tersebut diatas ini merupakan penanggulangan taraf makro.

Jelas bahwa penanggulangan taraf makro ini merupakan upaya yang harus dilaksanakan serempak oleh berbagai instansi yang memerlukan koordinasi. Bahkan mungkin diperlukan bantuan atau kerja sama dengan negeri lain.

READ:  Kebutuhan Tubuh Akan Energy

Penanggulangan dalam lingkup mikro bersangkutan dengan perbaikan kondisi keluarga dan  para anggota keluarga. Factor-faktor penyebab KKP disini ialah: konsumsi kurang, daya beli keluarga yang rendah, infeksi cacing, pendidikan umum dan pengetahuan gizi yang rendah, dan terlalu banyak anak dalam keluarga. Factor-faktor kelompok mikro ini harus ditijau satu persatu dan dicari alternative perbaikannya atau pemecahannya.