Membuat Suasana Makan Keluarga Menjadi Menyenangkan

https://www.infogizi.comSuasana ketika makan harus menyenangkan

Suasana ketika sedang makan harus memberikan kesan menyenangkan bagi seluruh keluarga. Banyak keluarga makan bersama terutama malam hari, dan sering juga makan siang.

Kalau masih memungkinkan, makan bersama seluruh anggota keluarga ini sebaiknya diusahakan, paling tidak ketika makan malam.

Pada masa sekarang ini kesempatan keluarga untuk berkumpul menjadi semakin jarang, karena jadwal waktu kegiatan yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya, baik dikota maupun didesa.

Tetapi pada umumnya masih dapat diusahakan bagi seluruh keluarga makan malam bersama, sehingga merupakan kesempatan satu-satunya di mana seluruh anggota keluarga dapat saling berteman dan saling berkomunikasi.

Pembicaraan dimeja makan ini sebaiknya mengenai soal-soal ringan saja, yang akan memberikan kesan menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga dan dapat pula di pergunakan untuk memecahkan persoalan masing-masing.

READ:  Membuat Masakan Untuk Keluarga

Tata tertib keluarga jaman dahulu, dimana anggota keluarga yang masih muda tidak diperbolehkan ikut berbicara di dalam forum keluarga, dan ayah saja yang berhak berbicara, tidaklah tepat lagi jaman sekarang ini.

Nilai-nilai tata tertib keluarga sudah berubah, sehingga seluruh anggota keluarga, yang muda maupun yang tua berhak mengemukakan pendapatnya di dalam forum dimana para orang tua itu hadir.

Akan lebih baik pula jika pembicaraan itu dilakukan setelah selesai makan dan tidak makan sambil berbicara. Tentu kesopanan cara orang muda berbicara di depan para orang tua dapat diajarkan pada waktu berkumpul tersebut.

Bila keluarga menghendaki, etiket dimeja makan (cara-cara makan) baik pula diajarkan ketika berkumpul itu dan anak-anak dilatih menghargai mereka yang lebih muda dan menghormati pendirian yang lebih tua.

READ:  Penyakit Keracunan Makanan

Suasana demokratis dapat dilatihkan pula dalam berdiskusi di antara para anggota keluarga tersebut. Ayah atau anggota keluarga lain yang lebih tua dapat berfungsi sebagai moderator bila terjadi perbedaan pendapat diantara beberapa anggota keluarga yang sedang saling mengemukakan pendapat itu.

Untuk menambah suasana senang dan gembira di meja makan, dapat ditambahkan hiasan bunga dalam jambangan, yang tidak harus mewah atau mahal; cukup yang sederhana tetapi artistic dan menarik bagi seluruh keluarga.