Fungsi Daftar Analisa Bahan Makanan

https://www.infogizi.comPenggunaan daftar ini adalah:

1. Untuk menyusun hidangan yang memenuhi persyaratan kebutuhan zat gizi, dengan mengetahui kira-kira isi bahan Makanan yang dipergunakan akan berbagai zat gizi yang diperlukan.

2. Untung menghitung kandungan zat-zat gizi dari suatu hidangan, bila diketahui komponen-komponen bahan makanannya. Hal ini terdapat sebagai hasil suatu penelitian konsumsi atau penelitian gizi suatu masyarakat.

Dengan demikian dapat dilakukan penilaian, apakah susunan hidangan masyarakat yang diteliti itu memenuhi kebutuhan atau tidak.

Biasanya hasil penelitian dan perhitungan ini dinyatakan dalam konsumsi masing-masing zat gizi per capital per hari, dan dibandingkan dengan nilai RDA bagi zat-zat gizi tersebut, apakah memenuhi RDA ataukah masih dibawah yang dianjurkan.

READ:  Mengapa Harus Mempelajari Ilmu Gizi

3. Dalam mengoreksi kekurangan kandungan zat gizi suatu hidangan, untuk dapat memilih, bahan makanan mana yang harus ditambahkan sebagai koreksi, dengan mengetahui bahan makanan mana yang merupakan sumber kaya akan zat gizi yang kekurangan dalam susunan hidangan tersebut.

4. Untuk dapat menyusun suatu food Balance Sheet, yaitu bahan-bahan makanan utama yang tersedia bagi suatu masyarakat untuk dikonsumsi. Foot Balance Sheet adalah suau alat untuk memperkirakan apakah penyediaan pangan untuk suatu masyarakat rata-rata mencukupi atau tidak.