Kelompok Rentan Gizi Manusia Lanjut Usia

https://www.infogizi.comMANULA

Manusia Lanjut Usia (MANULA) dimasukkan kedalam kelompok rentan gizi, meskipun tidak ada hubungannya dengan pertumbuhan badan, bahkan sebaliknya sudah terjadi involusi dan degenerasi jaringan dan sel-selnya. Timbulnya kerentanan terhadap kondisi Gizi disebabkan kondisi fisik, baik anatomis maupun fungsionalnya.

Gigi-geligi MANULA mungkin sudah banyak yang rusak bahkan copot, sehingga memberikan kesulitan dalam mengunyah makanan.

Maka makanan harus diolah sehingga tidak perlu digigit atau dikunyah keras-keras. Makanan yang dipotong kecil-kecil, lunak dan mudah ditelan akan sangat membantu para MANULA dalam mengkonsumsi makanannya.

Fungsi alat pencernaan dan kelenjar-kelenjarnya juga sudah menurun, sehingga makanan harus yang mudah dicerna dan tidak memberatkan fungsi kelenjar pencernaan.

READ:  Upaya Perbaikan Gizi Anak Sekolah

Makanan yang tidak banyak mengandung lemak, pada umumnya lebih mudah dicerna, tetapi harus cukup mengandung protein dan karbohidrat.

Kadar serat yang tidak dicerna jangan terlalu banyak, tetapi harus cukup tersedia untuk melancarkan peristalsis dan dengan demikian melancarkan pula defaecatie, dan menghindarkan obstipasi.

Factor lain yang mengnganggu kondisi gizi MANULA secara tidak langsung ialah kondisi psychis yang labil dan menjadi sangat sensitive.

Kondisi ini akan memberikan kesulitan kepada mereka yang mengurusnya. MANULA demikian akan banyak rewel mengenai makanan yang disediakan untuknya, bahkan mungkin tidak mau makan karena apa yang dihidangkannya tidak berkenan di hatinya.

Patut diingat kembali bahwa keperluan energy MANULA sudah menurun, jadi jangan disediakan seperti masih belum berusia lanjut.

READ:  Biji Labu Mampu Atasi Gangguan Prostat

Ada baiknya bila mereka dijaga jangan sampai menjadi kegemukan, karena akan lebih mudah menderita berbagai kelainan atau penyakit gizi yang berhubungan dengan kondisi obesitas tersebut.

Frekuensi penyakit diabetes mellitus, cardiovascular diseases terdapat meningkat pada kelompok MANULA. Yang umum sangat ditakuti ialah kemungkinan, meningkat untuk mendapat penyakit kanker.

Persoalan akan lebih banyak bila MANULA hidup sendiri, tidak ada orang yang khusus mengurusnya. Untunglah bahwa kebiasaan di Indonesia MANULA ikut hidup bersama anak atau cucunya, sehingga dapat diperhatikan dan diurus sebagaimana mestinya.

Seorang anak akan merasa malu bila ia dapat hidup cukup, sedangkan orang tuanya yang sudah tergolong MANULA hidup sendiri apalagi kalau sampai terlantar tak ada yang mengurus dengan baik.