Ibu Hamil Yang Rentan Gizi

https://www.infogizi.comKelompok Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil bersangkutan pula dengan proses pertumbuhan, yaitu pertumbuhan foetus yang ada di dalam kandungan dan pertumbuhan berbagai organ ibu pendukung proses kehamilan tersebut, seperti alat kandungan dengan adneksanya, mammae, dan lainnya.

Energy expenditure juga meningkat terlihat dari peningkatan Metabolisme Bassal (BM) yang dapat mencapai 10-15% diatas BM normal.

Untuk mendukung berbagai proses pertumbuhan dan peningkatan energy expenditure, kebutuhan makanan sumber energy juga meningkat dengan 300-350 kalori sehari, terutama pada pertengahan kedua dari kehamilan. Kebutuhan protein juga meningkat dengan 10 gram sehari di atas kebutuhannya jika ibu tersebut tidak sedang hamil.

Peningkatan metabolisme berbagai zat gizi membutuhkan pula peningkatan kebutuhan suplai vitamin, terutam thiamin dan riboflavin serta vitamin A dan Vitamin D, serta vitamin yang mendukung hemopoiesis seperti asam folat dan vitamin B12.

Dari mineral, khusus Ca dan Fe menunjukkan peningkatan kebutuhan yang menyolok, sedangkan P biasanya dicukupi bila konsumsi protein mencukupi.