Kebutuhan Tubuh Akan Energy

https://www.infogizi.comEnergy yang dibutuhkan oleh tubuh berasal dari zat gizi yang merupakan sumber utama, ialah karbohidrat, lemak dan protein. Energy yang diperlukan ini dinyatakan dalam satuan kalori.

Dalam ilmu alam kita mengenal satuan gramkalori dan kilogram kalori (1 kgkal=103 gram kalori). Dalam ilmu gizi hanya dikenal satu jenis kalori, yaitu sama dengan kgkal dalam pengertian ilmu alam. Akhir-akhir ini untuk satuan pengukur energy ini dipergunakan Joule (J).

Hubungan antara satuan kalori dan joule ialah:

1 kal = 4,185 kj (kilojoule); 1 kj = 103 J.

Energy yang diperlukan tubuh terutama berasal dari zat gizi karbohidrat, lemak dan protein. Beberapa jenis ikatan organic didalam bahan makanan memberikan juga energy seperti alcohol dan asam-asam organic, tetapi pada umumnya zat-zat organic ini tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berarti, sehingga iurannya kepada energy makanan dapat diabaikan.

READ:  Kelompok Rentan Gizi

Energy kimiawi didalam bahan makanan berasal dari energy photon didalam dinar matahari, yang ditangkap oleh tumbuhan Dalam proses photosintesis, menjadi ikatan-ikatan organic didalam bahan makanan. Jadi tanpa ada matahari dan dunia tumbuhan, kehidupan dimuka bumi ini tidaklah mungkin.

Energy yang dipergunakan tubuh dapat dibagi menjadi dua kelompok besar:

1. Energy untuk kebutuhan physiologis minimal tubuh dalam keadaan basal, disebut metabolisme Basal (basal metabolisme, BM)

2. Energy untuk melakukan kerja luar.