Recommended Daily Allowance

https://www.infogizi.comAnjuran kebutuhan sehari RDA

MDR adalah kebutuhan minimal sehari agar seseorang rata-rata tidak menjadi sakit, pada kondisi umum dianggap normal. Pada keadaan-keadaan khusus, dosis MDR ini mungkin tidak akan mencukupi, misalnya pada saat orang itu bekerja lebih berat dari biasa, atau pada saat ada stress fisik lain yang tidak terdapat sehari-hari.

Karena itu MDR harus dinaikkan dengan suatu tambahan, agar sanggup menjamin kebutuhan yang meningkat karena keadaan khusus itu.

Jumlah (dosis) MDR zat gizi setelah tambahan, agar sanggup menjamin kebutuhan yang meningkat karena keadaan khusus itu. Jumlah (dosis) MDR zat gizi setelah diberi tambahan ini, kemudian dianjurkan untuk dikonsumsi setiap harinya dan disebut anjuran Kecukupan Sehari atau RDA (Recommended Daily Allowance).

Nilai MDR tidak banyak berbeda bagi berbagai bangsa, tetapi RDA berbeda-beda bagi masing-masing Negara atau bangsa. Hal ini karena nilai batas keamanan yang berbeda-beda. Factor-faktor yang mempengaruhi besarnya batas keamanan ialah:

READ:  Salah Kaprah Mengenai Gizi Anak

1. Tingkat kesehatan gizi masyarakat yang ingin dicapai

2. Tingkat ekonomi masyarakat (Negara) yang menentukan tingkat daya beli.

3. Umur kelompok

4. Jenis kelamin

5. Kondisi fisik, seperti sedang hamil atau sedang menyusukan

Nilai RDA ini berlaku bagi rata-rata masyarakat, jadi bila hendak diterapkan bagi perorangan, harus diadakan lagi adaptasi kondisi orang tersebut, misalnya yang lebih gemuk mungkin memerlukan zat gizi lebih banyak, dan sebaliknya yang lebih kurus akan memerlukan zat gizi yang kurang dibandingkan dengan RDA.

Tingkat kegiatan kerja juga berpengaruh terhadap RDA bagi perorangan, demikian pula keadaan rekonvalesen memerlukan tambahan terhadap RDA.

Telah dibicarakan bahwa besar batas keamanan berbeda bagi berbagai masyarakat atau Negara, sehingga RDA juga berbeda menurut Negara masing-masing.

READ:  Metabolisme Biotin

Semakin kaya Negara tersebut, maka biasanya RDA semakin besar, karena berbagai factor yang mempengaruhi batas keamanan itu semakin tinggi.

Nilai RDA untuk suatu Negara tertentu pun harus ditinjau secara periodic,karena berbagai factor yang mempengaruhi nilai batas keamanan itu berubah pula menurut kondisi dan waktu.

Sebaiknya nilai RDA itu ditinjau dan dinilai untuk disesuaikan (di update) secara periodic, misalnya setiap 5-10 tahun sekali.

Demikian pula daftar RDA bagi Indonesia ditinjau dan disesuaikan secara berkala, umumnya setiap 10 tahun sekali, tetapi penyesuaian terakhir dilakukan setelah 5 tahun, karena kemajuan ekonomi yang pesat sekali dalam periode terakhir ini.