Contoh Jurnal Penelitian Biologi

INFOGIZI.COM – Banyak pembaca InfoGizi.com yang mencari contoh jurnal penelitian Biologi. Mungkin mereka adalah kalangan pelajar atau mahasiswa yang mencari artikel seputar contoh jurnal penelitian biologi untuk mengerjakan tugas-tugas dari sekolah atau kampus.

Nah, dalam postingan ini kami akan sajikan sebuah contoh jurnal penelitian Biologi yang disusun oleh Sumeru Ashari (staf dosen Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang) dan Sri Wahyuni (Mahasiswa Program Studi Hortikultura, Fakutas Pertanian UB Malang).

Jurnal penelitian Biologi ini berjudul KAJIAN BIOLOGI REPRODUKSI TANAMAN DURIAN. Selamat membaca dan semoga bermanfaat untuk Anda.

 KAJIAN BIOLOGI REPRODUKSI TANAMAN DURIAN (Durio zibethinus, Murray)
1). Sumeru Ashari dan 2). Sri Wahyuni

ABSTRAK

Bunga mengambil peran penting dalam produksi tanaman. Penelitian biologi bunga dilakukan terhadap bunga durian, salah satu jenis bebuahan yang sehat dan bernilai ekonomis tinggi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Februari 2007. Lokasi penelitian di kebun durian Desa Mendalanwangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, tinggi tempat sekitar 431 m dpl, suhu rata-rata harian 260C dan kelembaban 60%.

Lima kultivar durian, yaitu Monthong, Sitokong, Sunan, Hepe, dan Petruk yang berumur 10 tahun, digunakan sebagai materi penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa periode perkembangan bunga dan buah antara kultivar berbeda. Perbedaan terjadi pada setiap tahap perkembangan hingga kematangan buah. Total waktu yang ditempuh sejak berbunga hingga matang dari varietas Monthong, Petruk, Sunan, Sitokong dan Hepe berturutan adalah 178-214 hari, 185-214 hari, 193-214 hari, 193-214 hari, dan 207-214 hari. Nilai fruitset dari setiap kultivar juga berbeda. Kultivar Sunan menghasilkan fruitset paling tinggi diikuti Monthong, Petruk, Sitokong dan yang terendah kultivar Hepe.

Untuk membaca jurnal selengkapnya, silahkan klik di sini.