Pertumbuhan Badan dan Interelasi Kalori Total Dengan Cholesterol

https://www.infogizi.comInterelasi antara kalori total dan cholesterol

Sumber-sumber utama energy dalam jalur metabolismenya menghasilkan Acetyl-CoA. Metabolisme ini dapat menempuh berbagai jalur sintesa, diantaranya kearah sintesa lemak, sintesa glikogen, dan sintesa kholesterol.

Jalur yang menuju kepembentukan cholesterol memberikan hubungan antara obesitas dan hyperkolesterolemia. Terdapat pula hubungan antara cholesterol dan sintesa Vitamin D.

Pertumbuhan badan

Kita membedakan pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan adalah bertambahnya materi tubuh, sedangkan perkembangan adalah kemajuan fungsi atau kapasitas fisiologis badan atau organ badan. Parameter untuk mengukur kemajuan pertumbuhan yang biasa digunakan ialah berat dan tinggi badan.

Kalau tiap organ tubuh diukur beratnya, maka kemajuan atau pola pertumbuhannya akan berbeda-beda. Ada organ yang menunjukkan permulaan pertumbuhan sangat dini dan adapula yang mulainya sangat terlambat.

READ:  Kelompok Rentan Gizi Manusia Lanjut Usia

Demikian pula ada yang mempunyai pola yang sangat cepat, sehingga dalam waktu pendek telah mencapai bentuk organ biasa, sedangkan yang lain pola pertumbuhannya sangat perlahan, sehingga mencapai bentuknya yang dewasa pada umur yang sudah lanjut.

Pada umumnya, organ yang dalam kehidupan anak diperlukan sangat dini, akan mulai pertumbuhannya sangat dini pula dan berlangsung sangat cepat untuk mencapai bentuk dewasanya pada umur yang masih relative muda.

Organ jantung, paru dan otak/syaraf merupakan organ vital yang diperlukan tubuh pada umur sangat dini. Maka organ-organ tersebut memulai pertumbuhannya sangat dini sudah mulai sejak anak masih didalam kandungan ibunya, dan organ-organ tersebut mencapai bentuk dewasanya pada umur anak yang relative masih muda.

READ:  Terapi Penyakit Gizi

Organ kelamin tidak segera diperlukan oleh anak, sehingga cukup lama organ ini bersifat infantile, dan baru memulai pertumbuhannya cukup terlambat, dan mencapai bentuk dewasanya pun pada umur yang relative lebih tua.