Fungsi Selenium Bagi Tubuh Manusia

https://www.infogizi.comSelenium.Se

Unsure selenium (Se) juga merupakan trace element yang esensial bagi tubuh manusia. Terdapat interelasi antara metabolisme dan fungsi Se dengan Vitamin E.

Selenium merupakan bagian dari zat aktif yang dapat menghindarkan nekrosis hati, jantung, otot dan ginjal pada binatang percobaan, serta diathesa eksudatif pada ayam percobaan.

Namun demikian, titik kegiatan zat aktif yang mengandung Se ini didalam proses metabolisme, belum diketahui; ada sangkaan berhubungan dengan system respirasi seluler.

Se merupakan juga bagian dari enzim Peroksidase glutathione yang memecah H2O2 hasil metabolisme jaringan dan dengan demikian melindungi membrane sel dan subseluler dari kerusakan oleh peroksida tersebut.

Metabolisme Se masih terus diselidiki dan diharapkan lebih banyak lagi akan dapat diungkapkan mengenai metabolisme dan peranan Se didalam jaringan.

READ:  Ubi Jalar atau Ipomea Batatas

Tampaknya peranan mineral didalam enzimologi semakin menonjol dan semakin menarik perhatian untuk lebih banyak dan lebih mendalam diteliti.

Kesulitan terutama terletak pada metoda analisa yang kurang teliti, terutama karena kadar mineral di dalam jaringan ini hanya dalam tingkat milligram atau lebih rendah lagi.

Dengan semakin tersediannya metode analisa untuk menentukan kadar elemen yang sangat diteliti, rahasia yang menyelubungi fungsi dan metabolisme unsure-unsur mineral ini akan semakin banyak terungkapkan.