Kandungan Zat Seng Dalam Tubuh Manusia

https://www.infogizi.comZat Seng (Zincum.zn)

Elemen seng (Zn) merupakan trace element yang esensial bagi tubuh. Beberapa jenis enzim memerlukan Zn bagi fungsinya dan bahkan ada enzim yang mengandung Zn dalam struktur molekulnya, diantaranya Carbonic anhydrase dan Phosphatase alkalis. Namun demikian, gejala-gejala dan kasus defisiensi Zn pada manusia belum pernah dilaporkan.

Tubuh manusia dewasa mengandung sekitar 2 mg  Zn, tersebar luas didalam berbagai jaringan dengan konsentrasi sangat bervariasi, sebesar 10-200 mikrogram per gram jaringan basah.

Pancreas mengandung Zn dengan kadar 20-30 micG per Gram, sedangkan jaringan hati, otot skelet dan jaringan tulang mengandung kadar 60-180 micG per Gram jaringan basah.

Darah lengkap mengandung Zn sekitar 900 micG/dl, sedangkan kandungan plasma akan Zn rata-rata 120 micG/dl. Dari Zn yang terdapat di dalam plasma sekitar 34% terikat erat pada alpha globulin dan 66% terikat lemah pada protein darah secara umum, mungkin sebagai bentuk transport.

READ:  Makanan yang Baik Saat Usia 20 Tahun

Ekskresi Zn di dalam urine sekitar 0,4 mg sehari dan didalam tinja sebanyak 10 mg dalam 24 jam.

Enzim-enzim yang telah diketahui mengandung Zn structural ialah: Carbonic anhydrase (mengandung Zn 0,33%), Carboxy peptidase (mengandung satu atom Zn setiap molekul enzim) dan dehydrogenase yang mengandung empat atom Zn setiap molekulnya.

Beberapa jenis penyakit disertai kadar Zn darah yang menurun dan beberapa jenis lainnya sebaliknya disertai kadar Zn plasma yang meningkat. Kondisi ini belum diketahui artinya yang signifikans.