Zat Cobalt dan Molybdenium

https://www.infogizi.comZat Cobalt. Co

Zat Cobalt (Co) merupakan trace element yang juga esensial untuk tubuh, karena merupakan komponen dari struktur Vitamin B12.

Meskipun demikian, metabolisme Cobalt tidak terjadi didalam jaringan tubuh kita, karena vitamin B12 tidak dapat disintesa olehnya, tetapi dapat disintesa oleh microflora usus.

Cobalt yang dikonsumsi masih dapat bermanfaat bagi sintesa vitamin ini oleh microflora dan tersedia untuk dipergunakan oleh tubuh manusia.

Defisiensi Cobalt tidak dikenal pada manusia, dan tidak pernah dilaporkan, yang terdapat adalah defisiensi Vitamin B12 dan pengobatan dilakukan dengan pemberian Vitamin B12 dan pengobatan dilakukan dengan pemberian Vitamin B12 dan tidak pernah dengan memberikan Cobalt.

Molybdenium. Mo

READ:  Metabolisme Thiamin atau Vitamin B1

Analisa bahan makanan nabati maupun hewani yang diteliti memperlihatkan bahwa unsure Molybdenium (Mo) selalu terdapat, meskipun dalam kwantum sangat kecil.

Kemudian ditemukan pula bahwa unsure Mo diperlukan bagi fungsi berbagai enzim, baik didalam jaringan tumbuhan maupun hewan serta mikroorganisme.

Enzim-enzim yang telah dibuktikan memerlukan ion Mg bagi kegiatan fungsinya ialah: Nitro oksidase, Xanthine oksidase, aldehyda oksidase dan hydrogenase.

Karena xanthine oksidase memegang peranan didalam mobilisasi Ferritin di dalam hepar, maka Mo juga berperan didalam metabolisme Fe.

Sampai sekarang belum ditemukan sindroma karena defisiensi Mo, baik pada binatang tingkat tinggi maupun pada manusia.

Zat molybdenum mudah diserap di dalam saluran gastrointestinal dan terdapat dalam jumlah cukup besar didalam jaringan hati, tulang dan ginjal, tetapi mudah diekskresikan didalam urine dan sedikit di dalam cairan empedu, bila konsumsi berhenti.

READ:  Metabolisme Asam Pantothenat

Bahan makanan sumber unsure molybdenium ialah kacang-kacangan, serealia, sayur daun berwarna hijau dan organ dalam binatang ternak. Selain dengan metabolisme Fe, unsure Molybdenium juga mempunyai hubungan dengan metabolisme Cu.