Zat Fluor Untuk Kesehatan Gigi

https://www.infogizi.comZat Fluor (F) juga merupakan zat gizi mineral yang diperlukan oleh tubuh. Zat ini terdapat sebagai komponen dari jaringan keras tulang dan gigi. Terutama gigi memerlukan zat Fluor ini bagi kesehatannya, melindungi dentin dan email dari serangan caries dentis.

Pengaruh Fluor terutama pada phase pembentukan gigi ketika masih didalam jaringan ikat. Pada defisiensi Fluor, struktur email dan dentin mudah menjadi rusak.

Setelah gigi bererupsi kedalam rongga mulut, zat Fluor masih berpengaruh, karena masih dapat diserap menjadi komponen jaringan keras gigi, meskipun derajat penyerapan ini jauh berkurang, bila dibandingkang dengan penyerapan pada phase pembentukan gigi.

Kebutuhan akan zat Fluor terletak dalam batas-batas yang sempit. Kebanyakan zat Fluor memberikan gigi yang juga tidak sehat sempurna.

READ:  Bagaimana jika Bayi Kegemukan

Meskipun gigi tahan terhadap kerusakan oleh caries dentis, tetapi permukaan dentin dan email menunjukkan daerah-daerah cekungan seperti erosi yang berwarna kuning kecoklatan.

Kondisi ini disebut dental fluorisis atau mottled enamel. Meskipun email tidak rusak, tetapi gigi tampak kurang bagus (tidak estetik).

Sebaliknya kekurangan zat Fluor menyebabkan dentin dan email mudah menjadi rusak membusuk dan berlubang, disebut caries dentis.

Kerusakan mulai di cekungan-cekungan gigi yang menjajar menjadi lubang ke arah dalam dan gigi menjadi kropos dan berbau busuk.