Fungsi Zat Belerang dan Zat Chlor

https://www.infogizi.comSulfur,S

Zat belerang  merupakan komponen dari beberapa jenis zat gizi yang esensial, seperti asam amino dan vitamin B1. Unsure ini didalam tubuh merupakan bagian dari molekul organic dan terdapat didalam kondisi terreduksi  (SH atau S), dan tidak dalam bentuk teroksidasi sebagai sulfat.

Tampaknya kebutuhan tubuh akan zat belerang (S) selalu dapat terpenuhi di dalam bahan makanan. Sampai sekarang belum pernah dilaporkan adanya gejala-gejala defisiensi zat belerang. Belerang didalam bahan makanan terdapat sebagai komponen protein atau komponen phospholipid.

Kebutuhan dan metabolisme zat belerang tidak banyak diketahui.

 Cholorium .Cl

Zat Chlor sendiri berbentuk gas berwarna biru kehijauan dan bersifat racun keras. Chlor selalu dikonsumsi dalam bentuk garam dapur (NaCl). Zat mineral ini belum pernah dilaporkan memberikan gejala-gejala defisiensi.

READ:  Faktor Pendukung Pelaksanaan Terapi Obesitas

Zat chlor tersedia di dalam bahan makanan secara mencukupi dan kebutuhannya begi tubuh manusia tidak diketahui. Ion Cl dapat menembus membrane sel dengan leluasa, dan keluar masuk membrane sel secara pasif, mendampingi Ion K+ maupun Na+.

Dalam bentuk HCL, zat Chlor diekskresikan didalam lambung dan berfungsi membantu dalam pencernaan protein oleh pepsine. Bila orang banyak menderita muntah-muntah, akan terbuang banyak air yang mengandung HCL, mungkin terjadi dehydrasi dengan alkalosis, karena badan banyak kehilangan asam HCL.