Fungsi Ginjal Dalam Keseimbangan Air

https://www.infogizi.comDarah  didalam glomerulus disaring dan plasma masuk ke dalam cawan glomerulus sebagai ultrafiltrat. Komposisi ultrafiltrat ini sama dengan komposisi plasma tanpa makromolekul (protein plasma), yang tidak dapat menembus saringan.

Berat jenis plasma tanpa makromolekul sama dengan berat jenis ultrafiltrat, yaitu 1,010. Ultrafiltrat ini diubah menjadi urine yang mempunyai berat jenis 1,015-1,035.

Luas permukaan cawan glomerulus sekitar 1,5 m dan menyaring plasma sebanyak 150-200 liter dalam 24 jam, untuk menghasilkan urine sebanyak 1000-1300 ml.

Saluran nephron yang berfungsi mengkonsentrasikan ultrafiltrat menjadi urine ini panjangnya 15 mm tubulus contortus primus (proximalis), 15 mm loop HENLE dan 5 mm tubulus contortus secundus (distalis).

Sepanjang saluran nephron ini, ion-ion dan zat-zat organic diserap kembali. Bersama dengan penyerapan zat-zat itu ikut pula diserap kembali sejumlah air.

READ:  Alergi Susu Sapi

Dibagian proximal nephron, air diserap secara obligatori sebagai pelarut zat-zat organic yang diserap secara aktif, sedangkan dibagian distal penyerapan air dilakukan secara aktif menurut kebutuhan tubuh. Penyerapan air dibagian distal nephron ini diatur atas pengaruh hormone antidiuretik.