3 Kompartemen Air Di Dalam Tubuh

https://www.infogizi.comAir merupakan komponen penting dari tubuh kita. Semua reaksi biokimia didalam sel dan jaringan terjadi didalam medium air. Panas jenis air yang tinggi menyebabkan air sanggup menyerap panas yang banyak tanpa kenaikan suhu yang menyolok.

Dengan demikian suhu tubuh dapat dipertahankan berfluktuasi dalam batas-batas yang sempit saja, meskipun mengalami penambahan kadar kalori yang besar, misalnya ketika melakukan pekerjaan berat.

Panas penguapan yang besar juga membantu pembuangan panas badan dengan cepat dengan jalan penguapan keringat yang meningkat.

Sekitar 70% dari lean body mass terdiri atas air, tetapi sekitar 50% dari berat badan, karena adanya jaringan lemak yang relative mengandung air sedikit.

READ:  Aliran Cairan Dalam Jaringan Tubuh

Air didalam tubuh dapat dibagi dalam tiga kompartemen, yaitu:

1. Kompartemen intraseluler, merupakan ruang air terbesar didalam tubuh, mengandung air 30% berat badan. Ini merupakan air yang terdapat didalam sel-sel jaringan.

2. Kompartemen interstisial, mengandung air sebanyak 19% berat badan. Air ini terdapat diluar sel jaringan dan di luar pembuluh darah, mengisi celah-celah diantara sel-sel tubuh.

3. Kompartemen intravaskuler, ini merupakan air tubuh yang terdapat mengalir didalam saluran pembuluh darah. Komponen ini adalah 4% berat badan.