Makro dan Mikro Elemen Mineral

https://www.infogizi.comMakro elemen berfungsi sebagai bagian dari zat yang aktip dalam metabolisme atau sebagai bagian penting dari  struktur sel dan jaringan.

Ada pula yang memegang fungsinya di dalam cairan tubuh, baik intraseluler maupun ekstraseluler. K, Na, S dan Cl terutama berfungsi dalam keseimbangan cairan dan elektrolit, sedangkan Ca, Mg dan P terutama terdapat sebagai bagian penting dari struktur sel dan jaringan.

Ada pula yang memegang fungsinya didalam cairan tubuh, baik intraseluler maupun ekstraseluler. K, Na, S dan Cl terutama berfungsi dalam keseimbangan cairan dan elektrolit, sedangkan Ca, Mg dan P terutama terdapat sebagai bagian penting dari struktur sel dan jaringan.

Mikro elemen pada umumnya berfungsi berhubungan dengan enzim, bahkan Jodium merupakan bagian dari struktur suatu hormone. Sejumlah besar enzim memerlukan mikro elemen dan trace elemen untuk dapat berfungsi secara maksimal.

READ:  Biji Labu Mampu Atasi Gangguan Prostat

Beberapa elemen bekerjasama erat sekali dalam melaksanakan  fungsinya, sehingga dalam membicarakan elemen-elemen tersebut harus dilakukan sekaligus, misalnya Na dan K, Ca dan P.

Fungsi Na erat sekali dengan tekanan osmosa cairan tubuh, sehingga pada pembicaraan metabolisme air, elemen Na harus pula dibicarakan bersama.