Asam Pangamat atau Vitamin B 15

https://www.infogizi.comVitamin-Vitamin yang masih Controversial

Dua jenis vitamin yang ditemukan paling akhir masih merupakan vitamin yang controversial; belum semua ahli menerima kedua zat organic itu sebagai anggota penuh dari kelompok vitamin.

Kedua vitamin yang masih dipersoalkan ini adalah Vitamin B 15 atau asam pangamat (pangamic acid) dan vitamin B 17 atau amygdaline.

Asam pangamat atau Vitamin B 15

Asam pangamat atau Vitamin B 15 masih sangat controversial, karena molekulnya mudah sekali terurai menjadi komponen-komponen yang menyusunnya.

Asam pangamat mengandung gugusan methyl yang sangat reaktif, sehingga mempunyai fungsi yang serupa dengan choline dan methionin.

Fungsi vitamin B 15 dalam metabolisme tubuh juga belum jelas benar, dan kebutuhannya juga belum diketahui. Sampai sekarang belum juga dilaporkan adanya kasus dan gejala-gejala tegas karena defisiensi vitamin  ini.

READ:  Kebutuhan Tubuh Akan Vitamin E

Dari laboratorium sudah dilaporkan berbagai gejala pada defisiensi asam pangamat dan pengaruhnya terhadap berbagai proses metabolisme seluler tersebut.

Disimpulkan bahwa asam pangamat meningkatkan kesehatan sel-sel secara umum dan terdapat data yang menunjukkan bahwa vitamin ini meningkatkan utilisasi oksigen oleh sel-sel. Bekatul beras mengandung Asam Pangamat kadar tinggi.