Fungsi Choline Bagi Tubuh

hens' eggsCholine merupakan komponen dari beberapa ikatan organic penting didalam tubuh kita, diantaranya lechitine, sphyngomyeline dan acetyl choline.

Yang tersebut terakhir ini suatu ikatan neurotransmitter, yaitu yang meneruskan rangsang saraf, sejenis hormone jaringan.

Molekul choline mengandung gugusan methyl yang sangat reaktif (gugusan methyl yang labil), yang memberikan sifat lipotropik, menghindarkan perlemakan sel-sel hati.

Meskipun defisiensi choline memberikan berbagai gejala pada binatang percobaan, pada manusia belum pernah dilaporkan adanya gejala-gejala dan kasus defisiensi tersebut.

Dari hasil berbagai penelitian dengan binatang percobaan disimpulkan bahwa choline berfungsi sebagai donor gugusan methyl yang labil (reaktif), yang diperlukan dalam berbagai proses metabolisme.

Pada manusia diketahui bahwa asam folat dan Vitamin B12 berfungsi dalam metabolisme gugusan methyl, sehingga diperkirakan bahwa pada manusia fungsi choline dapat diambil alih oleh system metabolisme methyl yang bersangkutan dengan asam folat dan vitamin B12 ini.