Vitamin B12 atau Cyanocobalamine

https://www.infogizi.comTerdapat beberapa jenis Cobalamine yang mempunyai bioaktifitas Vitamin B12. Vitamin B12 merupakan satu-satunya vitamin yang belum sanggup dibuat secara sintetis total, tetapi selalu diekstraksi dari media tempat tumbuh mikroba, sebagai hasil fermentasi. Struktur vitamin B12 juga adalah yang paling kompleks dari struktur semua vitamin yang diketahui sampai sekarang.

Didalam alam terdapat berbagai jenis derivate cobalamine, tetapi cyanocobalamine yang dipergunakan dalam pengobatan sekarang bukanlah bentuk alamiah, karena dialam bebas tidak terdapat derivate cyanocobalamine ini. Ikatan ini terjadi karena hasil proses ektraksi, karena penambahan KCN untuk mendapatkan derivate cobalamine yang stabil.

Vitamin B12 yang dikristalkan berwarna merah tua dan menjadi berwarna hitam pada pemanasan, larut didalam air dan tidak larut di dalam minyak dan zat-zat pelarut lemak.

READ:  Fungsi Vitamin B12

Dalam larutan vitamin B12 sangat stabil pada pH4-7. Vitamin B12 juga merupakan satu-satunya vitamin yang mengandung logam (cobalt) didalam struktur molekulnya.