Metabolisme Vitamin B6

https://www.infogizi.comDidalam bahan makanan, bentuk vitamin B6 terdapat sebagai pyridoxine, pyridoxal, pyridoxamin, pyridoxamin-5 phosphate, dan pyridoxal-5 phosphate.

Untuk manusia dan binatang, semua bentuk ini mempunyai aktivitas biologis sama kuat, tetapi bila dicampurkan ke dalam hidangan maka bentuk pyridoxinlah yang mempunyai potensi paling kuat; hal ini masih belum dapat diterangkan dan difahami.

Vitamin B6 didalam daging dan telur terutama terdapat sebagai pyridoxal dan pyridoxamin; didalam hati kedua bentuk ini mencapai 80% dari aktifitas total.

Bagian besar dari vitamin ini rusak ketika kena sinar matahari selama dua jam, kehilangan aktivitas vitamin ini sampai 50%. Pada prosessing susu menjadi menjadi susu bubuk, terjadi kehilangan vitamin ini sebesar 30-70%.

READ:  Sorghum Vulgare

Di dalam bahan makanan nabati aktivitas vitamin B6 terutama terdapat sebagai bentuk alcohol pyridoxine. Sayur dan buah-buahan pada umumnya miskin akan vitamin B6 ini.

Vitamin B6 disintesa oleh tumbuhan, algae  dan sebagian besar mikro organism. Tryptophane merupakan precursor bagi niacin, tetapi membutuhkan pyridoxine dalam proses sintesa tersebut, maka pada defisiensi pyridoxine, terjadi hambatan pada proses konversi tryptophane menjadi niacin, dan terjadi berbagai metabolite yang diekskresikan didalam urine; xanthurenic acid, kynurenine dan 3-hydroxy kynurenine.

Pengukuran metabolite hasil metabolisme tryptophane didalam urine sering dipergunakan untuk menilai kondisi gizi vitamin B6 ini.

Diberikan 10 gram di-tryptohane atau 5 gram I-tryptophane dan diukur ekskresi xanthurenat di dalam urine untuk waktu 24 jam. Pada kondisi gizi normal akan diekskresikan kurang dari 50 mg asam xanthurenat selama 24 jam, sedangkan pada defisiensi vitamin B6, ekskresi akan sebesar 100 mg atau lebih.

READ:  Niacin atau Asam Nicotinat

Ekskresi pyridoxine didalam tinja dan keringat sedikit sekali, sehingga dapat diabaikan. Sebelum diekskresikan, pirydoxine dan pyridoxamine diubah dahulu menjadi 4-pyridoxic acid, dan metabolite inilah yang diekskresikan dalam urine.